Langsung ke konten utama

Featured post

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

Cara Daftar Reduksi Lansia KAI


Cara Daftar Reduksi Lansia KAI - Orangtuamu termasuk yang kemana-mana menggunakan moda transportasi kereta api? Daftar lansia KAI saja, lumayan bisa dapat potongan 20% untuk semua kelas.


cara daftar reduksi lansia kai
cara daftar reduksi lansia kai


 

Kereta api memang menjadi moda transportasi pilihan keluarga kami, karena bisa cepat sampai dan nggak kelamaan di jalan. Meski jarak tempuh dengan stasiun jauh, tapi masih terjangkaulah daripada harus naik bus.

 

Pengalaman naik bus justru jauh lebih lama, bisa sampai 5 jam. Sementara dengan kereta api jarak tempuh bisa diperpendek dan cepat, kurang lebih kalau dari Pekalongan ke Weleri atau sebaliknya Weleri ke Pekalongan hanya 45 menit.

 

Alasan memilih kereta api karena sekarang jalur bus, dipotong dengan adanya tol. Iya kalau busnya bisa lurus, kalau dia masuk tol wah lebih lama lagi. Saya harus berganti angkutan lagi dua kali. Huwa! Melelahkan sekali, dan panas-panasan di jalan.

 

 

Awal Mula Daftar Reduksi KAI

 

 

syarat daftar lansia kereta api
syarat daftar lansia kereta api


Karena seringnya mengajak Ibu wara-wiri ke rumah Comal, saya disarankan untuk mendaftar reduksi KAI. Soalnya Ibu sudah termasuk lansia, usia di atas 60 tahun.

 

"Ini sudah bisa daftar reduksi lansia, Kak!" ucap mbak penjaga loket kereta api.

"Apa itu kak? Re ...?" jawab saya agak asing mendengar yang diucapkan barusan.

"Reduksi lansia, potongan 20% untuk penumpang kereta api usia 60 tahun ke atas. Lumayan ini Kak," balas mbaknya dengan ramah.

"Mau kak bagaimana cara daftarnya?" kata saya lagi antusias.

"Tapi di sini nggak bisa, harus di stasiun kereta api besar. Di Pekalongan aja, langsung aja ke customer service," begitu pesan Mbak penjaga.

 

Saya langsung mengingat-ingat pesan penjaga loket tersebut, agar bisa melakukan 'reduksi lansia kai'. Pas mau daftar ketika sampai di stasiun Pekalongan, eh ingat KTP ibu yang dibutuhkan untuk melakukan syarat daftar lansia kereta api dibawa adik, sedang untuk melakukan pengurusan pensiun janda. Jadilah sedikit tertunda, tapi allhamdulillah akhirnya berhasil.  Jadi setiap kali naik kereta otomatis terdaftar dan mendapatkan potongan 20%.

 

Kabar baiknya hak reduksi tidak hanya diberikan untuk lansia saja, namun juga anggota Legiun Veteran RI, TNI, Polri, dan wartawan. Intip gambar di bawah ini.

 

 

Cara Daftar Reduksi KAI Access

cara daftar reduksi kai access
cara daftar reduksi kai access



 

Penting saya ingatkan, bahwa hak reduksi ini tidak bisa mendadak ya, paling tidak adalah 3 jam sebelum melakukan pemberangkat menggunakan moda transportasi kereta api. Yang perlu dilakukan dalam mendaftar reduksi KAI access begini caranya:

 

1. Datang ke customer service stasiun, hanya bisa dilakukan di stasiun besar yang ada customer servicenya

2. Penumpang yang bersangkutan hadir, kalau dalam kasus saya adalah ibu yang mau saya daftarkan hak reduksi. Berarti ibu harus hadir dan pengantar

3. Calon pemilik hak reduksi harus membawa bukti identitas asli, seperti KTP. Tapi kalau selain warga sipil, bisa menggunakan kartu tanda pengenal lain, misalnya nih wartawan bisa pakai kartu pers&surat tugas p eliputan, TNI&polri bisa pakai KTA.

4. Ibu juga diminta untuk berfoto waktu itu

 

 

Tinggal menunggu proses registrasi dan selesai. Tidak perlu menunggu jam-jaman kok, cepat sekali dalam membuat hak reduksi itu.

 

 

Perhitungan Tiket Kereta Api setelah Mendapatkan Hak Reduksi Lansia

 

daftar lansia kai
Perhitungan Tiket Kereta Api setelah Mendapatkan Hak Reduksi Lansia

 

Misalnya nih, kalau tarif kereta api Weleri ke Pekalongan menggunakan kereta api Kamandaka, kelas ekonomi seharga Rp65.000,-. Maka setelah mendapatkan hak reduksi lansia harganya akan berubah. Intip dalam tiket pada gambar di bawah ini.

 

Dari Rp65.000,- tiket kereta api harga normal

Mendapatkan diskon Rp13.000,-

PPN (11%) Rp5.720,-

Total yang harus dibayarkan jadi Rp52.000,-

 

Kalau dihitung-hitung ya lumayan ya kan?

 

Kesimpulan

 

daftar reduksi kai dimana
Jenis reduksi dan berapa potongan yang didapatkan

Daftar reduksi KAI di mana? Bisa dilakukan di bagian customer service stasiun kereta, dimanapun itu.

 

Syarat daftar lansia kereta api juga cukup mudah, hanya menunjukkan KTP tanda pengenal dan orangnya hadir langsung karena ada sesi foto.

 

Siapa yang bisa mendapatkan reduksi lansia? Bisa warga umum atau masyarakat, Legiun Veteran RI, TNI&Polri, serta wartawan. Mau ekals ekonomi, bisnis, atau eksekutif bisa mendapatkan reduksi sebesar 20% sampai dengan 50%.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator

50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa - Jadi postingan ini saya buat sengaja, biar jadi bahan ingatan buat saya yang lemah dalam berhitung, hehehe ... Jujur cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator, saya sempat browsing bagaimana yang tepat. Dan ... biar ilmu tersebut nggak menguap, akhirnya sengaja saya tuliskan ke blog. 50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa?   Hal apa sih yang membutuhkan potongan diskon sekian persen? Apalagi kalau bukan berbelanja hehehe ... penawaran menarik adalah saat kita melihat angka yang dibandrol sebuah produk terus ada embel-embel diskon. #Ea ... iya apa iya?   Cara menghitung diskon 20 persen, ternyata begitu mudah dan ini bisa diterpkan pokoknya yang diskon 20 persen deh. Misalnya nih 120 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 20 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 250 ribu diskon 20 persen jadi berapa, dan lain sebagainya. Pada intinya dalam menghitung sama alurnya.

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali - Beberapa kali pergi ke Jakarta, tapi sekalipun belum pernah naik Transjakarta dan baru kali ini kesan pertama saya rasakan. Akhirnya memutuskan untuk menuliskannya, sayang di sia-siakan momen kehidupan yang pernah dirasakan, iya nggak? Karena om Pram bilang, setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan. Doel sahabat ngeblog saya, adalah orang yang kali pertama ngajakin naik Transjakarta. Perjalanan pertama kami mulai dari halte Senen, yang berakhir di Pulo Gadung. Rumah Doel lumayan deket dari terminal Pulo Gadung, karena kebetulan sebelum ke Bogor esok hari saya nebeng nginep di rumhanya. Thanks ya Doel, hemat duit deh hahaha ... nggak perlu nginep di hotel ya kan? Cara Naik Transjakarta untuk Pemula