Langsung ke konten utama

Featured post

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

17 Perlengkapan Rekreasi ke Pantai Bersama Si Kecil


17 Perlengkapan Rekreasi ke Pantai Bersama Si Kecil - Perlengkapan rekreasi ke pantai sebenarnya itu-itu saja, tetapi akan berbeda jika kita membawa bayi ke pantai ataupun si kecil yang belum genap dua tahun. Jauh lebih banyak ketimbang kita yang dewasa.


perlengkapan rekreasi ke pantai
perlengkapan rekreasi ke pantai


 

Allhamdulillah untuk kali pertama saya ajak Gendis ke Pantai Indah Kemangi, Kabupaten Kendal dengan formasi komplit. Keluarga adik dan keluarga kakak berangkat semua, jadi kami tiga keluarga kecil plus Ibu main di pantai, Minggu (21/1/2024).

 

Tidak ada rencana ke pantai, karena saya pulang ke Kendal sengaja untuk mengengok adik yang jatuh dari motor, di hari Kamis (18/1/2024). Dia bilang sih sudah berobat ke klinik, sudah jauh lebih baik tidak perlu khawatir. Tapi tetap saja kepikiran kalau belum menengok. Setelah tahu keadaannya jadi lega.

 

Sabtu malam itu Dayu, anak adik saya merengek minta jalan-jalan. Tapi sedang datang hujan, akhirnya Bundanya bilang kalau ke pantai saja besok. Eh, beneran jadi dan kakak saya juga menawari untuk pergi ke pantai. Jadilah kami bertemu di sana dan bermain ombak serta pasir.

 

 
Ekpresi Gendis Pertama Kali Melihat Laut

 

 

perlengkapan bayi ke pantai
perlengkapan bayi ke pantai


Setelah melewati ladang jagung yang luas, dan pohon cemara di sepanjang pantai. Kami menuju ke sebuah parkiran yang di belakangnya ada warung dan langsung menghadap pantai. MasyaAllah sejuknya pantai di pagi hari. Sudah lama tidak mendengar suara debur ombak.

 

Gendis yang melihat laut langsung menunjuk. Saya dan suami langsung bergerak hahaha ... untuk membawanya ke bibir pantai. Ketika kakinya memijak pasir pantai, ia berjinjit dan seakan ingin melompat. Ketika Dayu justru lebih dulu berlari bersama bundanya di atas pasir dan bermain ombak. Ia memandang agak aneh.

 

Saya membawanya sampai mengenai ombak, saya pegang tangannya erat dan membawanya untuk berjalan. Tetapi ia diam saja, ternyata kakinya terendam pasir, dia merasa agak susah mengangkat kakinya, hahaha ... ekspresinya lucu sekali. Ia berusaha menangkap suasana, tempat, dan apa yang harus dilakukannya.

 

Bergantian dengan suami, saya memegang kamera untuk mengabadikan. Ia dan ayahnya bermain ombak dan mengenalkan pasir pantai. Akhirnya perlahan tapi pasti, mesti masih agak ngeri dia mulai menikmati. Yang tadinya bilang, "Hiiiii ..." jadi berubah hepi.

 

MasyaAllah akhirnya kesampaian jug ajak Gendis ke pantai. Jujur selama 17 bulan usia Gendis, belum pernah sama sekali saya ajak ke pantai. Kalau ke kolam renang sudah pernah, karena dekat tapi kalau pantai jarak dengan rumah di Comal ini jauh. Makanya mau bawa Gendis masih was-was. Kalau kena angin jauh-jauh dia langsung kembung perutnya.

 

Berbekal pengalaman ke pantai pertama kali ini, saya jadi harus memersiapkan dengan maksimal apa saja yang harus dibawa. Karena kemarin tidak mwmbawa sunscreen juga sih, dan beberapa perlengkapan yang lain. Kebetulan datangnya pagi, insyaAllah matahari pagi masih menyehatkan.

 

 

Ini Dia 17 Perlengkapan Rekreasi ke Pantai  Bersama Anak

 

 

perlengkapan rekreasi anak tk
perlengkapan rekreasi anak

1. Baju ganti

 

Namanya juga anak-anak ya kan? Belum mengerti betul mana yang kotor dan bersih, sebaiknya membawa baju ganti tidak hanya sekali. Kemarin Gendis nyemplung ke pantai dua kali, dua kali juga harus ganti baju. Kasihan kalau kelamaan kedinginan. Jadi setelah main laut part 1, istirahat makan. Part 2 main pasir, udah ganti baju lagi. Kemarin saya bawa 4 stel baju. Buat berjaga-jaga.

 

2. Perlengkapan mandi

 

Karena badan basah dan kepala basah, penting banget untuk membersihkannya dengan menggunakan sabun serta sampo. Jadi dua hal ini penting untuk dibawa ya, apalagi anak kecil yang kulitnya rentan sekali dengan benda asing.

 

3. Bekal makanan

 

Anak yang lagi MPASI penting banget dibawain makanan dari rumah, kan nggak ada yang jual kecuali memang spesialis jual bubur bayi. Tapi kalau anaknya udah lewat masa MPASI, dan sudah bisa makan nasi bisa dikondisikan nih. Karena di warung biasanya juga menjual nasi beserta lauk pauknya. Bisa diakalin.

 

4. Bekal minuman

 

Batita (bawah tiga tahun) pasti masih mengonsumsi susu, baik ASI ataupun sufor. Nah, nggak bisa sembarangan ngasi susu nih ya kan? Jadi bekal minuman ini penting banget. Entah itu juga air putih, yang jelas kalau masih punya anak bayi dibawakan aja bekal minuman dari rumah, biar aman.

 

5. Tas anti air

 

Karena mau bermain air, hendaknya membawa tas anti air. Agar bawaan yang di dalam tas tetap aman. Kalau nggak punya, anggarkan mulai memiliki, karena kalau kita punya anak kecil pasti sering ke pantai atau kalau nggak berenang. Dengan memiliki tas anti air, akan memudahkan kita dalam beraktivitas yang harus berdekatan dengan air.

 

6. Topi

 

Kepala merupakan bagian tubuh yang wajib dilindungi. Kalau kena panas sedikit bisa pusing, wajib bawa topi. Ya intinya bawa topi lebih baik daripada tidak sama sekali. Karena anak-anak kan kasihan kalau kepanasan terlalu lama.

 

7. Kacamata

 

17 perlengkapan rekreasi
17 perlengkapan rekreasi


Mata adalah bagian tubuh yang paling utama untuk melihat segala hal. Maka perlu sekali untuk melindungi mata, salah satunya dengan memakai kacamata. Dua anak saudara laki-laki saya anteng banget kalau bepergian dipakaikan kacamata, sementara Gendis ogah banget dia kalau dipakaikan kacamata.

 
8. Alas anti air

 

Pantai identik dengan air, jadi ketika nggak ingin duduk di warung yang disediakan kita bisa membawa alas anti air untuk duduk-duduk setelah main air. Jadi aman deh.

 

9. Sunscreen atau tabir surya

 

Sinar UV memang berbahaya, apalagi untuk anak kecil. Tapi sepanjang matahari pagi, masih amanlah ya untuk kesehatan dan justru disarankan berjemur di pagi hari. Tetapi kalau sudah menjelang siang, dan bukan lagi panas yang menyehatkan. Wajib banget pakai sunscreen ya? Pilih yang aman untuk anak-anak ya?

 

10. Baju renang

 

Baju renang dibawa untuk berenang, di pantai kita juga bisa berenang. Tapi karena Gendis belum tak belikan baju renang, ya nggak bawa hehehe ... nanti kalau udah besaran paling saya beliin. Sementara memakai yang ada aja, yang penting anaknya nyaman.

 
11. Bawa kamera

 

Kapan lagi kita pergi ke pantai ya kan? Belum tentu minggu depan selo, jadi jangan lupa mengabadikan dengan kamera. Anak-anak itu cepat sekali bertumbuh, kapan lagi punya momen dia masih bayi?

 

12. Perlengkapan P3K

 

Namanya juga perjalanan ya kan? Bawa P3K atau obat-obatan ini penting sekali. Misalnya nih kalau kena kerang, kena ubur-ubur, atau benda yang lain. Kita tidak tahu kan medan di dalam air laut itu.

 

Kemarin Dayu kena kerang, karena dia suka sekali mencari kerang. Untungnya tidak parah sih, jadi masih aman. Nah kalau bawa betadin atau hansaplast kan aman ya?

 

13. Tisu kering

 

Tisu kering berguna menyeka banyak hal. Misalnya anak sedang pilek, bisa untuk mengelap ingus, anak makan berceceran di mulut bisa dielap dengan tisu kering dan lain sebagainya. Penting banget kalau baya bayi atau anak kecil bawa tisu kering.

 

14. Tisu basah

 

Tisu basah, biasanya saya gunakan kalau anak terkena makanan basah atau cebok anak kalau nggak nemu air. Tisu basah dibedakan menjadi dua macam, ada khusus untuk cebok dan satu lagi untuk khusus makanan. Biasanya saya sedia dua jenis tisu basah.

 

15. Kantong plastik (minimalisir)

 

Setelah basah-basahan, baju yang basah harus ditaruh pada kantong plastik. Mengingat kita harus menjaga bumi, ya sebaiknya minimalisir penggunaannya dengan memawa kantong plastik yang anti air gitu, sudah banyak kayaknya dijual di pasaran ya?

 
16. Perlengkapan bermain pasir

 

Siapa yang suka membuat istana pasir? Yes, perlu banget membawa perlengkapan bermain pasir. Baik serok, ember, dan lain sebagainya. Agar anak makin mengeksplore diri.

 

17. Alas kaki yang nyaman

 

Ngapain ke pantai bawa sandal? Yang ada malah bikin nggak nyaman. Tetapi tidak ada salahnya membawa, lha dari bibir pantai menuju ke pantai kan juga perlu menggunakan alas kaki ya kan?

 

 

Semoga 17 perlengkapan rekreasi di atas, dapat mendukung outfit ke pantaimu ya! Selamat bersenang-senang dengan keluarga. Salam.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator

50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa - Jadi postingan ini saya buat sengaja, biar jadi bahan ingatan buat saya yang lemah dalam berhitung, hehehe ... Jujur cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator, saya sempat browsing bagaimana yang tepat. Dan ... biar ilmu tersebut nggak menguap, akhirnya sengaja saya tuliskan ke blog. 50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa?   Hal apa sih yang membutuhkan potongan diskon sekian persen? Apalagi kalau bukan berbelanja hehehe ... penawaran menarik adalah saat kita melihat angka yang dibandrol sebuah produk terus ada embel-embel diskon. #Ea ... iya apa iya?   Cara menghitung diskon 20 persen, ternyata begitu mudah dan ini bisa diterpkan pokoknya yang diskon 20 persen deh. Misalnya nih 120 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 20 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 250 ribu diskon 20 persen jadi berapa, dan lain sebagainya. Pada intinya dalam menghitung sama alurnya.

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali - Beberapa kali pergi ke Jakarta, tapi sekalipun belum pernah naik Transjakarta dan baru kali ini kesan pertama saya rasakan. Akhirnya memutuskan untuk menuliskannya, sayang di sia-siakan momen kehidupan yang pernah dirasakan, iya nggak? Karena om Pram bilang, setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan. Doel sahabat ngeblog saya, adalah orang yang kali pertama ngajakin naik Transjakarta. Perjalanan pertama kami mulai dari halte Senen, yang berakhir di Pulo Gadung. Rumah Doel lumayan deket dari terminal Pulo Gadung, karena kebetulan sebelum ke Bogor esok hari saya nebeng nginep di rumhanya. Thanks ya Doel, hemat duit deh hahaha ... nggak perlu nginep di hotel ya kan? Cara Naik Transjakarta untuk Pemula