Langsung ke konten utama

Featured post

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

Tips Persiapan Perjalanan Jauh Naik Mobil


Tips Persiapan Perjalanan Jauh Naik Mobil - Persiapan perjalanan jauh naik bus atau mobil memiliki satu kesamaan, yakni harus memersiapkan apa saja yang harus dibawa nantinya. Selain persiapan pribadi, tetapi juga persiapan mobil yang harus prima.


tips perjalanan jauh naik bus tips perjalanan jauh naik motor persiapan perjalanan jauh naik mobil
Tips Persiapan Perjalanan Jauh Naik Mobil


 

Saya pernah menuliskan 'tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil', sungguh penuh dengan tantangan apalagi kalau bawa keluarga banyak lebih-lebih lagi ya? Hehehe ...

 

Perjalanan jauh umumnya dilakukan seseorang biasanya ketika mudik, semua direncanakan dengan matang agar tidak merasa lelah dan bisa segar sampai di lokasi tujuan.

 

Biar aman dan nyaman, saya akan membagikan 7 tips perjalanan jauh naik mobil. Baca yuk tipsnya di bawah ini.

 

6 Tips Persiapan Perjalanan Jauh Naik Mobil

 

tips perjalanan jauh naik bus tips perjalanan jauh naik motor persiapan perjalanan jauh naik mobil
6 Tips Persiapan Perjalanan Jauh Naik Mobil


 

1. Memersiapkan barang penting yang akan dibawa

 

Pengalaman melakukan perjalanan jauh ke Bali dengan keluarga besar, banyak sekali yang harus dipersiapkan. Bahkan ibu sebulan sebelumnya sudah nyicil persiapan. Maklum, beliau akan mudik ke kampung halamannya. Sementara saya sebagai anaknya, manut aja apa yang akan dibawa Ibu.

 

Selain barang pribadi, oleh-oleh, dan apa yang dibutuhkan dalam perjalanan. Ada yang paling penting lagi, adalah mobil yang harus didukung dengan keamanan.

 

Ingat untuk membawa ban mobil cadangan, dongkrak, obeng, dan lain sebagainya kalau-kalau ada kejadian tidak terduga datang.

 

Obat-obatan juga perlu dibawa, baik obat untuk dikonumsi sendiri maupun obat mabuk untuk mengantisipasi jika mual dalam perjalanan.

 

2. Seluruh komponen mobl aman dan siap jalan

 

 

Perjalanan jauh yang menggunakan mobil, maka kondisi mobil harus bagus dan dalam keadaan yang baik. Semua hal harus diperiksa, dari kondisi mobil, rem mobil, ban yang aman, aki mobil, interior dan eksterior pokoknya. Semua harus normal dan bisa dikendarai dengan aman.

 

Surat-surat penting dari kendaraan juga harus dipersiapkan dengan lengkap, dari STNK, SIM, dan buku kendaraan bermotor juga bisa dibawa. Hal ini dibawa agar aman dari pemeriksaan di perjalanan dari polisi setempat yang sedang bertugas.

 

3. Persiapkan tubuh dalam kondisi yang sehat

 

Sebelum bepergian jauh, persiapkan tubuh dalam kondisi yang sehat, dan istirahat yang cukup. Terlebih bagi posisi yang berkendara, sebaiknya juga perlu ada pengganti keluarga yang mahir menyetir juga. Kalau kami sekeluarga mudik biasanya, gantian antara adik dan kakak saya.

 

4. Pilih rute perjalanan yang singkat dan berhenti ditempat yang aman

 

Jauh-jauh hari sebaiknya rute perjalanan dipersiapkan dengan tepat, bikin plan B jika plan A gagal. Dulu kami pernah menggunakan Google map untuk menempuh kepulangan yang cepat, eh justru malah keliru jalan-jalan kecil. Tapi akhirnya justru memberikan pengalaman berharga.

 

Hal lain yang perlu dilakukan adalah istirahat setelah berkendara beberapa jam sekali. Terlebih pengendara mobil, karena harus mengistirahatkan mata, otak, dan tubuh. Biasanya kalau lagi istirahat begini, kakak atau adik saya memilih mengonsumsi kopi, agar tidak mudah mengantuk.

 

5. Membawa bekal makanan dan minuman yang cukup

 

Dalam perjalanan jauh diperlukan membawa makanan dan minuman yang cukup, kalau tidak masa setiap jam berhenti kan? Perlu membawa makanan dan minuman cadangan, untuk menahan perut yang lapar dan haus yang menyerang.

 

Kalau ibu saya biasanya membawa bekal makanan berat dan ringan. Nasi untuk makan perjalanan selanjutnya, nah kalau sudah habis baru beli makanan di jalan.

 

6. Mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku

 

Setiap rambu-rambu di jalan haru dipatuhi ya, jangan dilanggar. Kalau dilanggar konsekuensinya di tilang pastinya. Ketika ada lampu merah dan hijau jangan nyelonong, jika ada tikungan perlahan-lahan.

 

Nah di atas adalah artikel tentang 'Tips Persiapan Perjalanan Jauh Naik Mobil', semoga bermanfaat. salam

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator

50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa - Jadi postingan ini saya buat sengaja, biar jadi bahan ingatan buat saya yang lemah dalam berhitung, hehehe ... Jujur cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator, saya sempat browsing bagaimana yang tepat. Dan ... biar ilmu tersebut nggak menguap, akhirnya sengaja saya tuliskan ke blog. 50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa?   Hal apa sih yang membutuhkan potongan diskon sekian persen? Apalagi kalau bukan berbelanja hehehe ... penawaran menarik adalah saat kita melihat angka yang dibandrol sebuah produk terus ada embel-embel diskon. #Ea ... iya apa iya?   Cara menghitung diskon 20 persen, ternyata begitu mudah dan ini bisa diterpkan pokoknya yang diskon 20 persen deh. Misalnya nih 120 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 20 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 250 ribu diskon 20 persen jadi berapa, dan lain sebagainya. Pada intinya dalam menghitung sama alurnya.

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali - Beberapa kali pergi ke Jakarta, tapi sekalipun belum pernah naik Transjakarta dan baru kali ini kesan pertama saya rasakan. Akhirnya memutuskan untuk menuliskannya, sayang di sia-siakan momen kehidupan yang pernah dirasakan, iya nggak? Karena om Pram bilang, setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan. Doel sahabat ngeblog saya, adalah orang yang kali pertama ngajakin naik Transjakarta. Perjalanan pertama kami mulai dari halte Senen, yang berakhir di Pulo Gadung. Rumah Doel lumayan deket dari terminal Pulo Gadung, karena kebetulan sebelum ke Bogor esok hari saya nebeng nginep di rumhanya. Thanks ya Doel, hemat duit deh hahaha ... nggak perlu nginep di hotel ya kan? Cara Naik Transjakarta untuk Pemula