Langsung ke konten utama

Featured post

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

Tips Membuka Usaha Warung Sembako Di Rumah

 

Tips Membuka Usaha Warung Sembako Di Rumah - Peluang kerja di masa pandemi diakui sebagian orang semakin sempit, banyak yang memilih banting setir untuk berwirausaha. Jualan apa saja asal menghasilkan uang, termasuk membuka usaha warung sembako di rumah.




isi warung sembako toko sembako modern daftar isi warung sembako lengkap dan harganya 2020 usaha warung sembako





Walaupun banyak swalayan dan minimarket menjamur, warung sembako atau toko kelontong masih disukai banyak orang untuk dijadikan tempat belanja. Apalagi dekat dari rumah, pun harganya yang jauh lebih murah.

 

Kalau dilihat usaha warung pasti membutuhkan modal besar, tidak selalu. Jika memiliki budget di bawah lima juga juga sudah bisa berjualan. Nggak perlu membuat rumah jadi toko, manfaatkan saja ruang kosong di dalam rumah misalnya samping rumah. Kayak punya mertua saya, lantas pintunya dibuka. Udah gitu aja.  Jadi apa yang perlu kita persiapkan untuk membuat usaha warung sembako di rumah? Ini dia tipsnya :

 

 

Mempersiapkan Ruang Usaha untuk Warung Sembako

 

 

Saya ikut mertua setelah menikah, di rumah mertua memiliki usaha warung sembako kecil-kecilan. Beliau menempatkan samping rumah untuk warung sembako, karena kebetulan ada dua pintu yang dimiliki. Jadi semakin memudahkan dalam berjualan. Warung tidak berpisah dari rumah, masih dalam satu bangunan.

 

Mempersiapkan Peralatan Usaha untuk Mendukung Warung Sembako




isi warung sembako toko sembako modern daftar isi warung sembako lengkap dan harganya 2020 usaha warung sembako



Di rumah perlengkapan usaha sangat sederhana, yang dibutuhkan hanya meja untuk menaruh dagangan. Etalasae untuk menyimpan barang, toples, plastik, dan juga rak tempat menaruh barang. Nggak perlu yang mahal, di buat dari kayu biasa pun bisa. Begitu yang diterapkan di rumah.

 

Kalkulator juga diperlukan jika kamu tak pandai menghitung, di rumah ada kalkulator tapi kebetulan hitungannya cukup mudah.

 

Melakukan Survey Belanja di Supplier yang Murah

 

 

Karena Emak sudah punya langganan, saya biasanya berbelanja di warung supplier langganan Emak. Ada tiga warung langganan emak, tapi saya pilih supplier yang termurah dan orangnya enak.

 

Tidak hanya murah, dan pelayanan ramah. Tapi kamu perlu melihat kualitas barang dagangannya juga lho. Karena saya pembeliannya tidak banyak, maka tidak bisa diantarkan ke rumah.  Kadang ada supplier yang memang sengaja datang ke rumah untuk mengantarkan barang, dengan skala dagangan yang banyak. Tapi bila budget tipis, tidak masalah kulaan ke pasar. Namanya juga sedang merintis usaha ya kan? Semua dimulai dari bawah.

 

 

Melakukan Survey Harga Jual Di Pasaran

 

Untuk membuka usaha warung sembako, sebaiknya kita melakukan survey harga di pasaran. Misalnya kita coba-coba beli di seputaran rumah harga minyak, sabun, dan lain sebagainya untuk tahu harga yang dibandrol di pasaran. Besok lagi beli di beda toko, barang yang sama atau bisa barang yang berbeda.

 

Di daerah Emak mertua sini, misalnya selisih harga 500 rupiah aja udah ditinggalin warungnya. Dapet label di tempat A mahalan tuh, jangan beli di sana. Jadi untuk menentukan harga di pasaran ini memang gampang-gampang susah. Makanya penting sekali mendapatkan supplier yang murah, agar barang yang kita jugal pun mendapatkan keuntungan yang lumayan. Karena laba kita juga belum dipotong oleh biaya operasional, seperti bensin, tenaga, waktu, dan lain sebagainya.

 

Usahakan Lengkapi Warung dengan Berbagai Produk

 

Misalnya budgetmu terbatas, pasti belum bisa melengkapi seluruh isi warung. Tidak apa, sambil jalan saja melengkapinya secara berkala. Tetapi pilih kebutuhan pokok yang sering dicari pembeli, misalnya gula, teh, kopi, sabun, obat nyamuk, dan lain sebgainya.

 

Membuat Syukuran agar Tetangga Kanan dan Kiri Tahu Kamu Berjualan

 

Allhamdulillah jika langkah-langkah di atas sudah di lakukan. Tinggal meresmikan warung sembako yang akan menjadi usaha pertamamu. Buat syukuran semampunya, dan bagikan syukuran tersebut ke tetangga, sertakan juga selebaran untuk mempromosikan warungmu. Pasang banner di depan rumah, agar orang yang lewat tahu kamu membuka usaha warung di rumah. Bisa juga dengan melakukan potongan harga, tetapi hitung juga dengan keuntunganmu apakah bisa menutupinya. Hal ini sebagai ajang promosi, agar warungmu laku oleh pembeli.

 

Gunakan Aplikasi Kasir untuk Warung Usaha di Rumah



isi warung sembako toko sembako modern daftar isi warung sembako lengkap dan harganya 2020 usaha warung sembako






Kemudahan teknologi jaman sekarang, banyak membantu pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Nah, aku mau perkenalkan kalian dengan YOUTAP Indonesia. Youtap merupakan aplikasi warung teman dagang #SerbaBisa yang membantu memberdayakan usaha di Indonesia.

 

Youtap Indonesia menyediakan platform dan solusi digital untuk semua bisnis dan perusahaan. Ia menghadirkan berbagai transaksi digital terkini, kepada mitra agar bisa melayani konsumen dengan baik. Kita juga bisa mengunduh Youtap untuk di pasang di ponsel lho, biar lebih modern dan efisien.

 

Apa yang ditawarkan Youtap untuk usaha kita? Youtap akan membantumu membuat laporan penjualan terstruktur rapi dan ada fitur analisa penjualannya. Seperti memonitor produk paling laku di warung, membandingkan setiap harinya.

 

Youtap juga punya fitur katalog produk aplikasi dagang, yang mana produk akan ditampilkan dengan rapi dan mudah dioperasikan, plus lengkap dengan fitur scan bardode. Warung boleh letaknya di desa, tapi pelayanannya istmewa, canggih menggunakan layanan kasir modern seperti Youtap ini, keren kan? Biarkan Youtap bantu kelola usahamu sekarang juga!

Komentar

  1. cita-cita banget punya usaha warung di rumah, usaha sembako atau makanan jadi, semoga bisa terwujud ya aamiin

    BalasHapus
  2. Jadi pengin buka warung dan terima kasih infonya untuk Youtap

    BalasHapus
  3. Wah, makin banyak nih aplikasi untuk support dagang UMKM. Suka banget sama perkembangan teknologi akhir-akhir ini, melahirkan banyak produk yang rekomended, termasuk Youtap ini. Ada beberapa saudara saya yang dagang kuliner warungan gitu, saya akan infokan ini ah bair meringankan kerjaannya :)

    BalasHapus
  4. Youtap ini pembayarannya harus cashless juga kah? Praktis ya kalau kita bisa menerapkan sistem kasir menggunakan piranti ini, jadi memantau arus cashflownya bisa langsung dilihat secara sistematis.

    BalasHapus
  5. Waah zaman sekarang makin canggih dan praktis aja yaa buat kegiatan transaksi kayak gini, baru tau juga nih ada aplikasi terbaru Youtap ini

    BalasHapus
  6. Canggihnyaa..
    Dengan menggunakan Youtap memungkinkan berjualan lebih baik dan menjadi solusi digital untuk semua bisnis.

    BalasHapus
  7. Aku dulu pengen punya warung sembako, tapi kayaknya sibuk juga ya. Keren nih ada Youtap yang bisa bantu kelola usaha.

    BalasHapus
  8. wah menarik nih bisa menggunakan aplikasi ini ngebantu banget ya, meskipun cuma warung tapi juga menggunakan teknologi dong

    BalasHapus
  9. kayak almarhum eyangku dulu nih, kalau ada di desa-desa, pasti masih laku banget. atau di perumahan tapi ngasih jasa layanan antar, biar pelanggannya makin banyak

    BalasHapus
  10. Warung sembako rumahan ini tetap jadi favorit sih menurutku ya, walaupun banyak orang belanja online tapikan untuk beberapa kebutuhan pasti ada yang harus dibeli tanpa online. Bagus banget ini ya aplikasinya jadi bisa membantu mereka yang punya warung sembako rumahan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator

50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa - Jadi postingan ini saya buat sengaja, biar jadi bahan ingatan buat saya yang lemah dalam berhitung, hehehe ... Jujur cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator, saya sempat browsing bagaimana yang tepat. Dan ... biar ilmu tersebut nggak menguap, akhirnya sengaja saya tuliskan ke blog. 50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa?   Hal apa sih yang membutuhkan potongan diskon sekian persen? Apalagi kalau bukan berbelanja hehehe ... penawaran menarik adalah saat kita melihat angka yang dibandrol sebuah produk terus ada embel-embel diskon. #Ea ... iya apa iya?   Cara menghitung diskon 20 persen, ternyata begitu mudah dan ini bisa diterpkan pokoknya yang diskon 20 persen deh. Misalnya nih 120 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 20 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 250 ribu diskon 20 persen jadi berapa, dan lain sebagainya. Pada intinya dalam menghitung sama alurnya.

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali - Beberapa kali pergi ke Jakarta, tapi sekalipun belum pernah naik Transjakarta dan baru kali ini kesan pertama saya rasakan. Akhirnya memutuskan untuk menuliskannya, sayang di sia-siakan momen kehidupan yang pernah dirasakan, iya nggak? Karena om Pram bilang, setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan. Doel sahabat ngeblog saya, adalah orang yang kali pertama ngajakin naik Transjakarta. Perjalanan pertama kami mulai dari halte Senen, yang berakhir di Pulo Gadung. Rumah Doel lumayan deket dari terminal Pulo Gadung, karena kebetulan sebelum ke Bogor esok hari saya nebeng nginep di rumhanya. Thanks ya Doel, hemat duit deh hahaha ... nggak perlu nginep di hotel ya kan? Cara Naik Transjakarta untuk Pemula