Langsung ke konten utama

Featured post

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

Harga Tiket Masuk Museum Batik Pekalongan

 

Harga Tiket Masuk Museum Batik Pekalongan - Museum batik Pekalongan, diresmikan pada tanggal 12 Juli 200 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Peresmian museum batik Pekalongan, bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional yang ke-59.


museum batik indonesia museum batik pekalongan diresmikan pada tanggal museum batik pekalongan diresmikan oleh museum batik nct sejarah museum batik yogyakarta nama museum batik peresmian museum batik pekalongan yang meresmikan museum batik pekalongan
Halaman depan Museum Batik Pekalongan



 

Seperti yang kita tahu, batik merupakan selembar kain yang memiliki motif, unik, dan menarik. Namun, sesungguhnya batik lebih dari itu. Batik menyimpan filosofi tentang ketekunan, kegigihan, dan kebanggan.

 

Ba-tik, diirangkai dari kata, 'amba', dan 'tik'. Amba memiliki makna lebar dan tik, mempunyai arti titik. Bila ditarik kesimpulan, batik merupakan titik-titik yang digambar pada media kain yang lebar dan menghasilkan pola yang indah.

 

 

Museum Batik Pekalongan

 

 

museum batik indonesia museum batik pekalongan diresmikan pada tanggal museum batik pekalongan diresmikan oleh museum batik nct sejarah museum batik yogyakarta nama museum batik peresmian museum batik pekalongan yang meresmikan museum batik pekalongan
HTM Museum Batik Pekalongan



Untuk mengenal batik lebih dekat lagi, kunjungilah Museum Batik yang ada di Kota Pekalongan. Karena tidak hanya batik lokal, tetapi juga batik dunia, pun batik yang memiliki usia ratusan tahun lamanya tertata rapi di sana. Di Museum Batik kita akan mengenal sejarah batik, dengan dipandu guide dari Museum Batik langsung. Kita juga bisa belajar bagaimana cara membatik, dengan sederhana. Dengan HTM Rp5.000,- kita bisa mendapatkan kekayaan ilmu. 



museum batik indonesia museum batik pekalongan diresmikan pada tanggal museum batik pekalongan diresmikan oleh museum batik nct sejarah museum batik yogyakarta nama museum batik peresmian museum batik pekalongan yang meresmikan museum batik pekalongan
Ruang Pamer I Museum Batik Pekalongan


 

Di Ruang Pamer Pertama Museum Batik, terdapat motif batik Corona yang mencuri perhatian saya. Dalam selembar batik tersebut tertuliskan kalimat;  Bangkitlah Batik Indonesia. Hal ini menggambarkan dengan kondisi Indonesia, dan khususnya para pembatik yang ada di Pekalongan karena terkena imbas oleh dampak pandemi. Harapannya dengan motif yang baru, para penggiat batik bisa tetap bertahan, bersemangat, dan bangkit untuk menghadapi.

 

Karena batik bukan lagi hanya milik bangsa Indonesia, melainkan sudah menjadi kekayaan dunia yang mana pada tanggal 2 Oktober 2009 batik sudah dikukuhkan oleh UNESCO, sebagai warisan dunia.

 


museum batik indonesia museum batik pekalongan diresmikan pada tanggal museum batik pekalongan diresmikan oleh museum batik nct sejarah museum batik yogyakarta nama museum batik peresmian museum batik pekalongan yang meresmikan museum batik pekalongan
Alat-alat membatik



Di Museum Batik Pekalongan, kita akan dimanjakan dengan batik dari seluruh Nusantara dan dunia. Di ruang pamet I, kita akan banyak menemukan alat-alat, bahan, pewarna, dan lain sebagainya yang digunakan untuk membatik. Di ruang pamer pertama, setiap satu tahun sekali akan diganti dengan batik-batik yang baru dan belum pernah dipamerkan sebelumnya.



museum batik indonesia museum batik pekalongan diresmikan pada tanggal museum batik pekalongan diresmikan oleh museum batik nct sejarah museum batik yogyakarta nama museum batik peresmian museum batik pekalongan yang meresmikan museum batik pekalongan
Ruang pamer II Museum Batik Pekalongan



Di ruang pamer kedua, batik dari seluruh Nusantara dipamerkan, dari Lampung, Madura, dan dari kota-kota lain di Indonesia. Sementara ruang pamer ketiga berisi batik-batik dari Pekalongan, dan sekitarnya. Yang mana dominan ada batik Jlamprang, buketan, dan pesisir.

 

Kalau kamu ingin mencoba membuat batik, kamu bisa langsung ke ruangan workshop. Di sana ada pemandu dari museum batik, yang mengajari kita bagaimana cara membatik dengan sederhana. Jika pengetahuan akan batikmu masih kurang, di sebelah ada perpustakaan dari Museum Batik Pekalongan yang bisa kamu jelajahi. Banyak sekali buku-buku tentang batik yang bisa dipelajari dan juga souvenir dari kain batik dijajakan di kantin Museum Batik Pekalongan.



museum batik indonesia museum batik pekalongan diresmikan pada tanggal museum batik pekalongan diresmikan oleh museum batik nct sejarah museum batik yogyakarta nama museum batik peresmian museum batik pekalongan yang meresmikan museum batik pekalongan
Ruang Workshop Museum Batik Pekalongan


museum batik indonesia museum batik pekalongan diresmikan pada tanggal museum batik pekalongan diresmikan oleh museum batik nct sejarah museum batik yogyakarta nama museum batik peresmian museum batik pekalongan yang meresmikan museum batik pekalongan
Kantin Museum Batik Pekalongan


 

Nah, bagaimana? Semoga penjelajahan singkatku, dapat membuat kalian juga tertarik untuk berkunjung ke mari. Kalau ke museum batik jangan lupa berkabar, karena jarak dari rumahku sekitar satu jaman. Siapa tahu bisa meet up! Salam.


museum batik indonesia museum batik pekalongan diresmikan pada tanggal museum batik pekalongan diresmikan oleh museum batik nct sejarah museum batik yogyakarta nama museum batik peresmian museum batik pekalongan yang meresmikan museum batik pekalongan
Resepsionis Museum Batik Pekalongan


Komentar

  1. Ternyata selain Pulau Jawa pun punya batik. Indonesia memang kaya keragaman tradisionalnya.

    BalasHapus
  2. Halo mbak Nyi :) Wah bakalan seru ya main2 di Museum Batik Pekalongan ini. Murah amat tiketnya hanya 5 ribu. 12 Juli 2000 berapa tuh? Btw di sini ada workshop buat pengunjung yg kepengen membantik kah? Kalau di Jakarta ada koleksi batik juga di museum tekstil :)

    BalasHapus
  3. Biaya masuknya terjangkau sekali. Padahal banyak banget yang bisa dinikmati dan dipelajari di dalam. Semoga teman-teman yang ke Pekalongan lebih tergerak lagi mengunjungi museum batik ini. Aku sudah pernah sekali ke sini

    BalasHapus
  4. Asli aku belum pernah ke Pekalongan sih mbak, tahu gaungnya aja kalau Pekalongan itu dijuluki Kota Batik. Aku jadi pengen main ke museumnya, biar tau sejarah batik Pekalongan dan corak batik tentunya. Eh mau beli batiknya juga deh hehe

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah masuk ke Museum Batik Pekalongan Nyi.
    Eh harga tiketnya murah banget ya. Aku malah penasaran dengan koleksi buku-buku tentang batik. Kudu ke Pekalongan nih.

    BalasHapus
  6. Batik itu semamin luas. Kalau dulu medianya hanya kain, sekarang merambah ke tembok, mobil, tas, bahkan kulit (tattoo). Senag Pejalongan yang terkenal dengan batiknya ini punya museum :)

    BalasHapus
  7. Pekalongan emang dikenal sebagai Kota Batiknya Indonesia kan yah... Lumayan keren museum batiknya ini. Apalagi tiket masuknya murah lagi.

    Mba, mohon maaf, itu diresmikan ama Pak SBY taon berapa? nggak mungkin taon 200 kan. Kayanya kurang angka deh hehe.

    BalasHapus
  8. Aku pernah kecil di Pekalongan tapi belum pernah lagi kembali ke sini. Ternyata ada museum batik yang menarik ya. Terakhir aku ke museum batik itu kayaknya yang di Solo deh. oke juga koleksinya banyak :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator

50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa - Jadi postingan ini saya buat sengaja, biar jadi bahan ingatan buat saya yang lemah dalam berhitung, hehehe ... Jujur cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator, saya sempat browsing bagaimana yang tepat. Dan ... biar ilmu tersebut nggak menguap, akhirnya sengaja saya tuliskan ke blog. 50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa?   Hal apa sih yang membutuhkan potongan diskon sekian persen? Apalagi kalau bukan berbelanja hehehe ... penawaran menarik adalah saat kita melihat angka yang dibandrol sebuah produk terus ada embel-embel diskon. #Ea ... iya apa iya?   Cara menghitung diskon 20 persen, ternyata begitu mudah dan ini bisa diterpkan pokoknya yang diskon 20 persen deh. Misalnya nih 120 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 20 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 250 ribu diskon 20 persen jadi berapa, dan lain sebagainya. Pada intinya dalam menghitung sama alurnya.

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali - Beberapa kali pergi ke Jakarta, tapi sekalipun belum pernah naik Transjakarta dan baru kali ini kesan pertama saya rasakan. Akhirnya memutuskan untuk menuliskannya, sayang di sia-siakan momen kehidupan yang pernah dirasakan, iya nggak? Karena om Pram bilang, setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan. Doel sahabat ngeblog saya, adalah orang yang kali pertama ngajakin naik Transjakarta. Perjalanan pertama kami mulai dari halte Senen, yang berakhir di Pulo Gadung. Rumah Doel lumayan deket dari terminal Pulo Gadung, karena kebetulan sebelum ke Bogor esok hari saya nebeng nginep di rumhanya. Thanks ya Doel, hemat duit deh hahaha ... nggak perlu nginep di hotel ya kan? Cara Naik Transjakarta untuk Pemula