MENU

Rabu, 01 Januari 2020

Keunikan Sate Blengong Kuliner Khas Kota Brebes



Keunikan Sate Blengong Kuliner Khas Kota Brebes - Traveling ke kota yang belum pernah kita datangi, nggak afdol kalau tidak mencicipi kuliner khasnya, betul? Alhamdulillah di penghujung tahun 2019, saya sempat dolan ke Brebes dalam acara Famtrip Jateng, kota yang terkenal dengan telur asinnya.


sate blengong terdekat sate blengong di jakarta sate blengong slawi burung blengong sate blengong tegal blengong hidup sate blengong cirebon makanan khas brebes



Kota Brebes termasuk bagian dari Provinsi Jawa Tengah, yang memiliki banyak potensi luar biasa. Seperti pengolahan garam rebus satu-satunya di Pulau Jawa, pengolahan bandeng cabut duri, mangrove Pandansari, dan lain sebagainya. Tapi kali ini saya akan mengulas keunikan makanan khas Brebes, sate Blengong.


Mengenal Sate Blengong Makanan Khas Brebes


Kalau selama ini yang kite kenal, soal sate ya, makanan dengan bahan olahan daging. Bisa menggunakan daging ayam, kambing atau juga sapi dengan cara ditusuk menggunakan batang bambu. Pengolahannya hanya dengan cara dibakar, dan penyajiannya cukup disiram dengan kecap, sambel kacang, dan beberapa rempah. Sate bisa dinikmati kapan saja, baik siang ataupun malam dan biasanya dimakan untuk lauk.


Jadi apa bedanya dong sate yang kebanyakan ada, dengan sate Blengong makanan khas Brebes ini dengan yang lain?

Sate blengong, berbeda dengan sate lainnya karena dagingnya adalah dari daging persilangan entog dan itik. "Hah?" Saya juga kaget, hahaha ... seriusan ini? Tapi itulah faktanya. Blengong merupakan sate yang terbuat dari daging persilangan, itik dan entok. Bagaimana rasanya? Ya sama seperti kebanyakan daging, lembut.


sate blengong terdekat sate blengong di jakarta sate blengong slawi burung blengong sate blengong tegal blengong hidup sate blengong cirebon makanan khas brebes


Kemudian sate blengong tidak dibakar, sama seperti dengan sate yang lain biasa kita makan. Sate blengong proses pembuatannya, diungkep dengan cita rasa kuah dalam waktu yang lama. Ini kunci, mengapa dagingya itu lembut, tidak bau ketika disajikan.


Kami rombongan menikmati sate blengong di alun-alun Kota Brebes, karena di sana banyak sekali dijajakan sate blengkong. Penyajiannya juga berbeda, ternyata menggunakan lontong, dengan kuah kuning yang kental banget dan ada kerupuknya.

Masih ada yang menarik lagi, tusuk sate blengong makanan khas Brebes ini panjang banget bikin saya takut memakannya hahaha ... takut ketusuk, makanya harus hati-hati. Ini kali pertama saya menyaksikan, sate blengkong dengan tusuk yang sepanjang itu. Tapi unik gitu! Sayangnya saya hanya berani mencicipi dua tusuk sate blengong, karena agak kurang cocok di lidah saya mungkin karena udah terbiasa makan sate dikecapin kali ya? Soalnya rasa sate blengong ternyata, asem gurih gitu ya? Ada yang sudah pernah makan sate blengong, makanan khas Brebes ini belum? Share yuk, pengalaman kalian.

sate blengong terdekat sate blengong di jakarta sate blengong slawi burung blengong sate blengong tegal blengong hidup sate blengong cirebon makanan khas brebes


Soal harganya saya nggak sempet nanya, karena semuanya dibayarin oleh pihak Disporapar. Menurut saya sih masih aman lah ya, untuk kantong kita. Kalau kalian dolan ke Brebes, jangan lupa mencicipi keunikan sate blengong ya Gaes! Salam.

16 komentar :

  1. Enak iki, gurih mantep. Nek dolan brebes kudu nyacak iki

    BalasHapus
  2. Saya baru denger mbak sate blengong, ternyata sejenis sate ayam gitu ya, saya kira seperti sate sapi atau kambing.

    BalasHapus
  3. Baru kali nih aku tau makanan sate tapi cara bikinnya diungkep, wkwkwkw. Ahh, jadi kepengen nyobain deh. Tapi jauh banget harus ke Brebes mbak huhuuuu

    BalasHapus
  4. Baru tau aku ada nama sate blengong. Dr penampakannya sih enak ya mba 🤭

    BalasHapus
  5. Menarik banget nih satenya, jadi penasaran gimana rasa aslinya daging persilangan entog dan itik itu.

    BalasHapus
  6. nyi... saya bayangin gimana bentuk persilangan itik dan bebek. warnanya coklat atau putih. namanya unik ya, satenya digodok bukan dibakar

    BalasHapus
  7. kayanya aku pernah deh makan satu blengong, tapi lupa2 inget soalnya udah lama banget dan dibeliiin tapi dari rupa-rupanya mirip hihihi

    BalasHapus
  8. Baru denger ada sate blengong ini.. padahal cuma diungkep tapi mateng ya kak? Atau direbus dulu (?) XD

    BalasHapus
  9. wah belom pernah nyobain sate ini, kalau ke Brebes bisa jadi salah satu referensi buat kulineran niy Mba

    BalasHapus
  10. wah aku baru tau lho kalau brebes punya sate khas, jadi laper liatnya jam sgini wkwk

    BalasHapus
  11. aku baru tahu ;oh hasil persilangan entok dan itik mba wkwkwk jadi pinisirin pengen cobain ini

    BalasHapus
  12. Satenyaaa khas bangeeet .. sepertinya kita belum pernah nyobain niiih mba. Dan satenya juga bukan dibakaaar ya mba.. interesting

    BalasHapus
  13. Sering lewatin brebes tapi nggak pernah mampir untuk singgah. Jadi penasaran sama satenya. Oke next aku mampir ah makasih mbak infonya

    BalasHapus
  14. waa aku bahkan baru denger nama sate blengong ini deh mbak, jadi penasaran ih pengen cobain juga nih, mau coba nyari yang jual di kota bandung ah siapa tau ada hehehe

    BalasHapus
  15. Biasanya kalau makanan ada kata2 "khasnya" so pasti enak ya mba and worth try kalau ada kesempatan

    BalasHapus
  16. Aku belum pernah makan nih sate blengong, mungkin juga rada ngeri kalau disuruh makan. Soalnya aku ga doyan daging mentog maupun bebek hehehe.. Tapi sebenarnya kalau untuk menuntaskan penasaran ya boleh aja sih ya nyobain.

    BalasHapus