Langsung ke konten utama

Featured post

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

Menyaksikan Proses Pembuatan Bandeng Cabut Duri di Brebes


Menyaksikan Proses Pembuatan Bandeng Cabut Duri di Brebes - Buat yang tinggal di Jakarta, dan mudiknya biasanya ke pulau Jawa pasti akan melewati jalur Pantura. Kota Brebes termasuk yang akan dilewati sebagai perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Se-Nusantara sepertinya sudah sangat mengenal Brebes, Kota penghasil telur asin dan juga memiliki makanan khas Brebes yaitu sate Blengong.


bandeng cabut duri bandeng cabut duri brebes bandeng cabut duri kendal bandeng cabut duri semarang bandeng cabut duri cirebon bandeng cabut duri sidoarjo bandeng cabut duri surabaya bandeng cabut duri resep bandeng cabut duri pati bandeng cabut duri jakarta bandeng cabut duri di semarang bandeng cabut duri jogja


Pada kesempatan ini saya mau sharing cerita soal perjalanan Famtrip Jateng, kemarin di Kota Brebes. Selain Menyaksikan Pembuatan Garam Rebus, kami juga diberikan kesempatan untuk melihat bagaimana pembuatan bandeng cabut duri di desa Kaliwlingi yang masih satu lokasi dengan pembuatan garam rebus.


Dibutuhkan Ketelatenan dan Ketekunan untuk Mencabut Duri Bandeng


Biasanya pengolahan bandeng yang sudah jadi, kalau nggak digoreng, ya dibakar atau dipepes dan malesnya kalau nemu bandeng yang banyak durinya. Jadi bikin males makan, ya kan? Kalau ingin yang praktis dan enak, tanpa memisahkan duri ketika makan bandeng tanpa duri bisa menjadi pililhan, lho gaes!

bandeng cabut duri bandeng cabut duri brebes bandeng cabut duri kendal bandeng cabut duri semarang bandeng cabut duri cirebon bandeng cabut duri sidoarjo bandeng cabut duri surabaya bandeng cabut duri resep bandeng cabut duri pati bandeng cabut duri jakarta bandeng cabut duri di semarang bandeng cabut duri jogja



Bandeng cabut duri Kendal, juga banyak dijajakan karena saya berasal dari Kendal. Tapi saya belum pernah menyaksikan langsung bagaimana pembuatannya, di desa Kaliwlingi inilah pertama kali saya melihat proses cabut duri dalam tubuh bandeng.

Salah satu sahabat kami dari Wonosobo memraktekan langsung, bagaimana cara mengambilnya menggunakan catutan. Tekhniknya dengan menggunakan tangan, dan indera perasa. Karena kita harus meraba, merasakan duri-duri yang bersarang di tubuh bandengnya, lantas pelan-pelan dicabut jangan sampai putus.

Menurut saya butuh ketelatenan dan kehati-hatian, soalnya duri kan tajem kalau mengenai kulit bisa terluka dan berdarah #ea ... makanya saya enggan mencoba hahaha ... Diakui teman saya, mencabut duri bandeng memang wajib sabar. Kalau tidak ya gagal deh jadi pengusaha bandeng cabut duri.

bandeng cabut duri bandeng cabut duri brebes bandeng cabut duri kendal bandeng cabut duri semarang bandeng cabut duri cirebon bandeng cabut duri sidoarjo bandeng cabut duri surabaya bandeng cabut duri resep bandeng cabut duri pati bandeng cabut duri jakarta bandeng cabut duri di semarang bandeng cabut duri jogja


Penampakan akan terlihat berbeda setelah bandeng dicabut durinya, dia akan terlihat lebih lembek. Nah, tugas karyawan sebagai pencabut durinya ini merapikan dengan sangat hati-hati, agar penampakan bandeng terlihat lebih cantik. Biasanya kalau ada orderan, barulah bandengnya akan dicabut duri-durinya.

Hikmah yang saya petik dari perjalanan ini, adalah bahwa setiap pekerjaan mempunyai  tantangan dan resiko tersendiri. Seperti profesi saya, katakanlah seorang blogger harus bisa menyajikan tulisan yang menarik Foto dan video yang enak untuk dinikmati demikian juga dengan profesi seorang pencabut duri bandeng. Kalau tidak sabar ya mana berhasil. Jadi mari bersemangat untuk menikmati profesi kita, jangan lupa bersyukur pula kepada-Nya bahwa kita sudah dituntun sejauh ini untuk bisa settle (netep) sesuai dengan passion yang kita miliki. Terima kasih. 



Komentar

  1. Harus telaten banget tuh dan harus punya mata yang normal.. Mata mata minus kayak aku pasti gak bisa nyabut duri bandeng. Dulu aku pernah liat proses pembuatan bandeng kukus di daerah bogor. Gak seribet ini sihh

    BalasHapus
  2. Ribet juga ya.. harus hati - hati dan sabar nih..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator

50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa - Jadi postingan ini saya buat sengaja, biar jadi bahan ingatan buat saya yang lemah dalam berhitung, hehehe ... Jujur cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator, saya sempat browsing bagaimana yang tepat. Dan ... biar ilmu tersebut nggak menguap, akhirnya sengaja saya tuliskan ke blog. 50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa?   Hal apa sih yang membutuhkan potongan diskon sekian persen? Apalagi kalau bukan berbelanja hehehe ... penawaran menarik adalah saat kita melihat angka yang dibandrol sebuah produk terus ada embel-embel diskon. #Ea ... iya apa iya?   Cara menghitung diskon 20 persen, ternyata begitu mudah dan ini bisa diterpkan pokoknya yang diskon 20 persen deh. Misalnya nih 120 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 20 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 250 ribu diskon 20 persen jadi berapa, dan lain sebagainya. Pada intinya dalam menghitung sama alurnya.

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali - Beberapa kali pergi ke Jakarta, tapi sekalipun belum pernah naik Transjakarta dan baru kali ini kesan pertama saya rasakan. Akhirnya memutuskan untuk menuliskannya, sayang di sia-siakan momen kehidupan yang pernah dirasakan, iya nggak? Karena om Pram bilang, setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan. Doel sahabat ngeblog saya, adalah orang yang kali pertama ngajakin naik Transjakarta. Perjalanan pertama kami mulai dari halte Senen, yang berakhir di Pulo Gadung. Rumah Doel lumayan deket dari terminal Pulo Gadung, karena kebetulan sebelum ke Bogor esok hari saya nebeng nginep di rumhanya. Thanks ya Doel, hemat duit deh hahaha ... nggak perlu nginep di hotel ya kan? Cara Naik Transjakarta untuk Pemula