Langsung ke konten utama

Featured post

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

Menikmati Garang Asem Khas Kota Kudus



Menikmati Garang Asem Khas Kota Kudus -  Menjelang akhir tahun 2019, sudah berkunjung kemana saja kalian Gaes? Alhamdulillah saya lagi main di Kota Kudus nih, kota yang terkenal sebagai penghasil rokok kretek dan gudangnya bibit pebulutangkis nasional. Sudah pada tahu belum? Kalau kota Kudus juga memiliki kuliner khas yang endes, yakni Garang Asem Ayam! Kebetulan warung makan yang saya singgahi ini, sudah dikunjungi oleh Presiden RI yang keenam lho! Coba tebak siapa? Yes! Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, yang akrab disapa dengan SBY.


resep garang asem kudus bening resep garang asem kudus tanpa santan resep garang asem kudus tanpa daun pisang resep garang asem kudus ncc harga garang asem sari rasa kudus resep garang asem khas pati resep garang asem daging garang asem semarang


Yang saya tahu dan sering mencicipi itu Garang Asem yang ada di Pekalongan, eh di kudus juga ada Garang Asem dengan daging yang enak dan segar pula. Bedanya, kalau di Pekalongan dagingnya sapi, di Kudu dagingnya ayam. Kapan-kapan saya ulas detail perbedaannya, ah!

Siapa yang liburan melewati jalur Pantura arah Kudus? Jangan lupa mampir saja ke Rumah Makan Garam Asem Sari Rasa yang ada di Jalan Jati Kulon ya! Garam Asem Ayam yang dibungkus daun pisang ini, gede banget lho. Saya aja bisa buat berdua, dengan patner hidup hehehe ... tapi buat kalian yang porsi makan besar pasti pas banget.


Mengulik Resep Garam Asem Kudus Bening


resep garang asem kudus bening resep garang asem kudus tanpa santan resep garang asem kudus tanpa daun pisang resep garang asem kudus ncc harga garang asem sari rasa kudus resep garang asem khas pati resep garang asem daging garang asem semarang



Apa yang terjadi ketika saya unboxing bungkus garang asem ayam khas Kudus ini? Takjub, karena ternyata isinya beda dengan garang asem yang ada di kota lain. Garang asem Kudus tanpa santan, ternyata gaes!

Kebetulan rumah makan yang saya singgahi ini, Rumah Makan Sari Rasa memang identiknya dengan garang asem. Bahkan usia rumah makannya sudah lebih dari 40 tahunan, pantas saja cabangnya sudah tersebar di mana-mana.

Garang asem yang saya cicipi ini, rasanya segar banget, ada pedasnya dan asem dari buah tomat. Resep garang asem kudus dengan daun pisang ini, kuahnya terasa sekali dengan bumbu dasar bawang putih, bawang merah dan kemirinya. Apalagi cabai rawit dan tomat hijaunya, masyaAllah melimpah ruah, gengs! Saya jadi pengen ngintip proses pembuatannya secara langsung, semoga kapan-kapan ada trip buat melihat bagaimana proses membuat garang asem khas Kudus yang terkenal ini.

Yang paling bikin saya nambah terus itu kuahnya. Kuah yang gurih dan masam ini, malah bikin saya terus menalan suap demi suap. Saya yakin kuahnya yang gurih ini tercipta dari rebusan sari pati ayamnya dan masamnya dari buah tomat hijaunya. Meski baru merasakannya kemarin, aduh liur saya kembali menginginkan menikmati garang asem lagi, hehehe ....


resep garang asem kudus bening resep garang asem kudus tanpa santan resep garang asem kudus tanpa daun pisang resep garang asem kudus ncc harga garang asem sari rasa kudus resep garang asem khas pati resep garang asem daging garang asem semarang



Didatangi Bapak Presiden dan Orang-orang Penting Lainnya


resep garang asem kudus bening resep garang asem kudus tanpa santan resep garang asem kudus tanpa daun pisang resep garang asem kudus ncc harga garang asem sari rasa kudus resep garang asem khas pati resep garang asem daging garang asem semarang



Cerita kelezatan suatu daerah pasti akan menyebar ke mana-mana, begitu juga dengan warung makan garang asem Sari Rasa yang ada di Kudus ini. SBY yang kala itu menjabat sebagai Presiden, penasaran untuk mecicipi dan mengirim staf khususnya datang langsung. Dibuktikan dengan adanya foto beliau yang terpasang menarik, di dalam figura dan di pajang pada dinding rumah makan.

Kapan-kapan saya kepengen mencoba menu lain yang ditawarkan oleh rumah makan Garang Asem Sari Rasa ini, karena menunya lezat-lezat dan menarik. Ruang makan, ruang parkir, Mushola dan fasilitas lainnya cukup besar di sini. Jadi bisa buat rest area juga kalau perjalanan panjang, terlebih juga menyediakan camilan khas daerah Kudus.

resep garang asem kudus bening resep garang asem kudus tanpa santan resep garang asem kudus tanpa daun pisang resep garang asem kudus ncc harga garang asem sari rasa kudus resep garang asem khas pati resep garang asem daging garang asem semarang


Oh ya, di rumah makan Garang Asem Sari Rasa, kita bisa memilih isian ayamnya. Yang suka jeroan, daging atau ceker komplit pokoknya. Ada menu lain juga sih, seperti tahu telor, lontong tahu telor, ramesan, soto ayam dan ayam goreng. rumah makan Garang Asem Sari Rasa, buka dari pukul 07.00 WIB - 21.00 WIB. Dari hari Senin sampai dengan Minggu, selalu buka. Selamat mencicipi kelezatan Garang Asem Ayam yang ada di rumah makan Garang Asem Sari Rasa, Gaes!

resep garang asem kudus bening resep garang asem kudus tanpa santan resep garang asem kudus tanpa daun pisang resep garang asem kudus ncc harga garang asem sari rasa kudus resep garang asem khas pati resep garang asem daging garang asem semarang



Rumah Makan Garang Asem Sari Rasa
                                            
Jl. AKBP Agil Kusumadya No.20 Jatikulon Krajan. Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59347.
TLP : 0291-442218


Komentar

  1. Karena Ibuku asli Batang. Jadi, pasti banget nyicipin garang asem ini. Lebih sreg di lidah rasanya

    BalasHapus
  2. Belakangan lagi pengen bgt makan garang asem tp kl di bandung bingung nyarinya di mana. Kangen masakan ibu., dulu waktu tinggal di jogja sering dimasakin.

    BalasHapus
  3. Selain garang asem juga ada menu lainnya ternyata ya. Aku suka garang asem, rasanya asem pedes segaar.

    BalasHapus
  4. Kesukaan ku juga nih garang asem, tapi lebih sering makan lentog sih kalo ke kudus karena lbh ekonomis hahahaa

    BalasHapus
  5. wah bsia ajdi rekomendasi kalau ke kudus, kebetulan suka dengan kuliner ini

    BalasHapus
  6. Loh? saya malah baru tau, Mba kalau garang asem pakai santan. Soalnya saya biasa buat garang asemnya ga pakai santan. Memang seger banget kalau ga palai santan. Ternyata itu garang asem dr Kudus ya.

    BalasHapus
  7. Ya ampun makanan kesukaan aku ini mba...sayang dirmhku jarang yang jual, jadi kalau kepengen harus bikin sendiri. Seger kalau makan pakai ini jadi nambah terus

    BalasHapus
  8. Garang asem itu bahan utamanya ikan? Ada yang ulas juga garang asam, tapi beda, penampakannya berkuah gitu, lebih bening, katanya sih rasanya seger, tapi saya belum pernah coba :((

    BalasHapus
  9. Ini sih favorit banget. Ibuku suka bikin garang asem juga. Kadang pakai ayam atau koyoran. Eh, tapi yang bisa dibuat di rumah kami juga tanpa santan, sih. Terus nggak pakai daun pisang. Langsung di panci aja gitu. Masakan ini memang endes banget. Bisa dibilang ini adalah tomyam-nya Indonesia kali, yaaa ...

    BalasHapus
  10. hmmmm jadi laper nih pagi2 buka postingan ini.. kalo ke kudus wajib cobain ahhh

    BalasHapus
  11. Mpo suka banget garang asem, apalagi pas lebaran idul kurban. Daging kurban GRATIS plus suka daging yang memakai gajih . Mantap makan sama nasi hangat

    BalasHapus
  12. aduh bikin ngiler, di pekanbaru jarang ada yang jual sihhh. asli jadi bucketlist untuk nyobain

    BalasHapus
  13. aku belum nyobain nih kuliner ini.. duh Indonesia memang rajanya deh kalo udah bahas kuliner.. di setiap daerah ada aja sajian kuliner khas yg unik2..

    BalasHapus
  14. wah belum pernah nyobain nih. pasti nikmat banget, apalagi dibungkus sama daun pisang yang bikin aromanya lebih keluar. btw kalo aku di padang ada juga garang asam tapi biasanya pake ikan dan kuah penuh cabe hehee

    BalasHapus
  15. Sesuatu hal yang baru, perlu dicoba nih.
    Apalagi aku belum pernah mencicip gimana rasanya garang asem.
    Dibungkus dengan daun pisang seperti masakan didaerahku bengkulu,namanya pepes ikan.
    Tapi kuliner satu ini bedanya berkuah.
    Next kapan ke kudus,mau mampir icip icip garang asemnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan

Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling. Penampakan sekoteng Pak Woh Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es. Asal-Usul Sekot

cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator

50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa - Jadi postingan ini saya buat sengaja, biar jadi bahan ingatan buat saya yang lemah dalam berhitung, hehehe ... Jujur cara menghitung diskon 20 persen di kalkulator, saya sempat browsing bagaimana yang tepat. Dan ... biar ilmu tersebut nggak menguap, akhirnya sengaja saya tuliskan ke blog. 50 Ribu Diskon 20 Persen jadi Berapa?   Hal apa sih yang membutuhkan potongan diskon sekian persen? Apalagi kalau bukan berbelanja hehehe ... penawaran menarik adalah saat kita melihat angka yang dibandrol sebuah produk terus ada embel-embel diskon. #Ea ... iya apa iya?   Cara menghitung diskon 20 persen, ternyata begitu mudah dan ini bisa diterpkan pokoknya yang diskon 20 persen deh. Misalnya nih 120 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 20 ribu diskon 20 persen jadi berapa, 250 ribu diskon 20 persen jadi berapa, dan lain sebagainya. Pada intinya dalam menghitung sama alurnya.

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali - Beberapa kali pergi ke Jakarta, tapi sekalipun belum pernah naik Transjakarta dan baru kali ini kesan pertama saya rasakan. Akhirnya memutuskan untuk menuliskannya, sayang di sia-siakan momen kehidupan yang pernah dirasakan, iya nggak? Karena om Pram bilang, setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan. Doel sahabat ngeblog saya, adalah orang yang kali pertama ngajakin naik Transjakarta. Perjalanan pertama kami mulai dari halte Senen, yang berakhir di Pulo Gadung. Rumah Doel lumayan deket dari terminal Pulo Gadung, karena kebetulan sebelum ke Bogor esok hari saya nebeng nginep di rumhanya. Thanks ya Doel, hemat duit deh hahaha ... nggak perlu nginep di hotel ya kan? Cara Naik Transjakarta untuk Pemula