MENU

Rabu, 03 Juli 2019

Mengunjungi Kebun Raya Bogor



Mengunjungi Kebun Raya Bogor - Jika ucapan adalah doa, maka berkata yang baik-baik saja, agar kembalinya kepada kita juga baik. Pernah berujar ingin pergi ke Bogor, oleh Allah kabulkan dengan cara yang berbeda. Memang awalnya saya mendapatkan kesempatan ini dikabarin oleh sahabat menulis; Delisa.

fasilitas kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor koleksi kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor 2018 kebun raya bogor dari stasiun bogor makalah kebun raya bogor tanaman yang dilindungi di kebun raya bogor suasana kebun raya bogor



Tapi karena saya sudah tidak melajang lagi, meminta izin kepada yang terkasih adalah suatu keharusan. Alhamdulillah beliau mengizinkan saya untuk mengikuti acara WWA di Bogor. Selama 4 hari 3 malam, saya digembleng dengan ilmu dan materi yang alhamdulillah menambah pengetahuan saya soal dunia menulis. Setelahnya acara tersebut selesai, saya mendapatkan kesempatan jalan-jalan sebelum pulang bersama tiga sahabat lainnya. Eka, Delisa, dan Olip untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor.

Alhamdulillah perjalanan ke Kebun Raya Bogor sangat dimudahkan, ada Eka yang asli Bogor mengantar kami dengan suka rela hati. Duh ... bahagia banget rasanya jadi terharu. Semoga suatu saat bisa membalas kebaikan kak Eka, aamiin.



Mobil yang disetiri oleh kak Eka, turun di samping pusat perbelanjaan sayur segar. Kak Eka niatnya memang mau beli buah dahulu, kemudian menyusul kami karena minimarketnya lumayan dekat dengan lokasi yang akan kami kunjungi. Jalanan menuju Kebun Raya Bogor, kami lalui pelan-pelan karena lalu lintas kendaraannya sangat cepat. Bahkan Olip hampir saja kecium mobil, ini sih karena driver mobil itu yang nggak mau ngalah sama pejalan kaki macam kita. Hufh.


fasilitas kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor koleksi kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor 2018 kebun raya bogor dari stasiun bogor makalah kebun raya bogor tanaman yang dilindungi di kebun raya bogor suasana kebun raya bogor



Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor


Karena saya dan Olip pertama kalinya ke sini, kami mengekori Delisa yang di depan hahaha ... kemudian Delisa yang maju membelikan kami tiket, "Jadi satu aja," ucapnya sembari mengeluarkan uang lima puluh ribu dari dompetnya. Kami menurut, gampanglah ya nanti kami ganti.

Karena henpon saya dibawa oleh bunda Triana, sahabat perjalanan saya yang lagi mau pesan hotel OYO. Saya pepotoan di Kebun Raya Bogornya nebeng Delisa sama Olip hahaha ... ketika melihat loket masuk saya memerhatikan harga yang tertera di sana.


fasilitas kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor koleksi kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor 2018 kebun raya bogor dari stasiun bogor makalah kebun raya bogor tanaman yang dilindungi di kebun raya bogor suasana kebun raya bogor


Untuk perorangnya, wisatawan lokal adalah Rp 15.000,-/ orang, semantara untuk wisatawan asing kena Rp 26.000,-/ orangnya. Jika kita ke lokasi membawa kendaraan roda empat, akan kena biaya parkir senilai Rp 30.000,- sementara motor cukup murah Rp 5.000,- sama kayak yang naik sepeda.

Jam pelayanan tiketnya sendiri, untuk Kebun Raya Bogor ini adalah dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB. Di hari Jumat atau liburan, akan sampai pukul 17.00 WIB lebih lama sedikit.


Review separuh Kebun Raya Bogor




Jujur saya tidak sempat mengelilingi semua Kebun Raya Bogor, karena jam 16.00 WIB saya sudah harus cabut menuju Jakarta. Bunda Triana ada acara reunian, sementara saya akan bertemu dengan sahabat blogger duo Satoraji.


fasilitas kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor koleksi kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor 2018 kebun raya bogor dari stasiun bogor makalah kebun raya bogor tanaman yang dilindungi di kebun raya bogor suasana kebun raya bogor


Kebun Raya Bogor sungguh luas sekali, kalau kalian baru akan mengunjungi kali pertama seperti saya ini. Siapkan mineral untuk dibawa, kita akan berjalan sangat lama hahaha .... banyak spot bebungaan, taman yang luas, danau air mancur dan beberapa spot lain yang tidak sempat saya sambangi.

Kita akan disambut oleh berbagai pepohonan dan tumbuhan yang bertumbuh dengan subur dan lebatnya di sini. Ada wisma tamu pinus, sepertinya ini tempat untuk menginap. Ada griya anggrek, teratai raksasa, tumbuhan obat, herbarium, kayu manis dan lain sebagainya. Namun sayangnya, ada di beberapa spot yang masih ada sampah betebaran. Mungkin karena saking luasnya, tim kebersihan belum sempat menyapu bersih atau juga orang-orang yang datang tidak membuang sampah pada tempatnya. Semua itu bisa terjadi, well saya harus belajar dari sini. Setiap datang ke suatu tempat, kita harus tetap menjaga sampah yang kita bawa untuk dibuang pada tempatnya.


fasilitas kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor koleksi kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor 2018 kebun raya bogor dari stasiun bogor makalah kebun raya bogor tanaman yang dilindungi di kebun raya bogor suasana kebun raya bogor



Sejarah singkat Kebun Raya Bogor


Menurut kisah yang saya baca dari Wikipedia, dahulu Kebun Raya Bogor ini adalah bagian dari hutan buatan, 'samida'. Yang pada saat itu berada di pemerintahan Sri Baduga Maharaja, Prabu Siliwangi dari kerajaan Sunda. Tujuan dibuat hutan buatan ini untuk menjaga kelestarian lingkungan, sebagai pemeliharaan benih kayu yang langka.


fasilitas kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor koleksi kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor 2018 kebun raya bogor dari stasiun bogor makalah kebun raya bogor tanaman yang dilindungi di kebun raya bogor suasana kebun raya bogor


Kemudian di tahun 1800-an, di bawah kekuasaan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles yang mendiami istana Bogor ini suka dengan botani. Lantas mengembangkannya di bantu oleh ahli botani W. Kent. Jadilah halaman istana Bogor disulap menjadi taman dengan gaya Inggris klasik. Dimana ini menjadi cikal bakal adanya Kebun Raya Bogor. Suasana Kebun Raya Bogor, enak dan nyaman karena banyak pepohonan jadi seger. 



fasilitas kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor koleksi kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor 2018 kebun raya bogor dari stasiun bogor makalah kebun raya bogor tanaman yang dilindungi di kebun raya bogor suasana kebun raya bogor


Saya gagal melihat Reflesia Arnoldi (Bunga Bangkai) yang terkenal menjadi daya tarik, Kebun Raya Bogor ini. Semoga suatu saat nanti bisa jalan-jalan kembali ke sini untuk mengelilingi, seluruh Kebun Raya Bogor dengan yang terkasih aamiin ... Siap-siap jalan 8 hektar, dan menikmati 15.000 jenis koleksi tumbuhan dan pepohonan. Meskipun sebentar setidaknya, kaki ini telah menjejakan langkah ke Kebun Raya Bogor. Terima kasih sahabat menulisku telah mengajak kemari, semoga keterpisahan saat ini membuat kita saling melengkapi. Bagaimanapun kehangatan pernah menemani dada-dada kita kala itu, semoga terus terjaga dengan baik.





Alamat Kebun Raya Bogor

Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah
Kota Bogor, Jawa Barat 16122


8 komentar :

  1. Harga tiket Rp15 ribu tergolong murah buat tempat wisata yang terkenal kayak Kebun Raya Bogor ini. Lokasinya juga luas, tempatnya indah, dan terawat.

    BalasHapus
  2. Saya sudah lama nggak ke kebun raya Bogor. Ada bagian yang agak kotor, ya? Berarti belum banyak perubahan di sana. Btw, blognya bisa dibikin mobile-friendly nggak Kak? Saya susah bacanya dari handphone karena tulisannya kecil-kecil.

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke Kebun Raya Bogor. Semoga suatu saat bisa ke sana

    BalasHapus
  4. Aduhhh, asiknya yg abis jalan2 hihihi. Kebun raya Bogor seru ya mbaaa. Luas bgt tp worth unt dikelilingi. Trus banyak jajanan diluarnya hihihi. Ak suka suasananya, pepohonan asri dan rindang. Keren bgt.

    BalasHapus
  5. Asyiknya yang jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor.
    Saya belum pernah ke sana lho...
    Rasanya pengen juga, apalagi ada jejak sejarahnya. Bagus untuk dipelajari, menambah wawasan.

    BalasHapus
  6. Seru ya berkunjung ke kebun raya bogor. Saya biasanya cuma lewat luarnya aja, belum sempat masuk ke bagian dalam hehe.. Padahal menarik ya. Ada sejarahnya juga. Harus meluangkan waktu nih..

    BalasHapus
  7. Aku udah beberapa kali ke sana Mak. Tapi gak kepikiran buat ngereview. Hihi.

    BalasHapus
  8. Aku mau ngajak anak-anak ke KBRB belum jadi-jadi. Padahal pengen baik biar pada lari-larian hehehe. Sekalian foto didepan istana itu hehehe.

    BalasHapus