MENU

Sabtu, 04 Mei 2019

Tips Traveling Ramah Lingkungan


Traveling maupun liburan merupakan hal yang menyenangkan saat kita bisa menikmati setiap moment yang dilalui dan mendapatlan kenangan yang berkesan dari perjalanan tersebut. Biasanya apa saja sih yang kamu butuhkan untuk dibawa saat traveling. Team kendeldolan.com akan merangkumkan beberapa barang dan peralatan yang perlu kamu bawa sebelum pergi berlibur aupun traveling.

dieng (kendeldolan.com)


Traveling bisa kemana saja. Ada yang berburu kuliner baru, wisata belanja, liburan ke pantai, perjalanan ke luar kota maupun hanya sekedar melepas penat ke tempat indah yang hannya kamu dan pasangan yang tau ada kenangan indah apa disana. Mimin akan bagikan beberapa tips yang berguna buat kamu saat traveling. Apa saja sih?



Susun Rencana Traveling

Menyusun rencana traveling sangat diperlukan, terlebih jika kamu akan melakukan perjalanan keluar kota dalam beberap hari. Hal ini diperlukan agar Tujuan utama kamu tidak terlewatkan  serta agar keperluan kecil lainnya bisa tersusun dengan rapi. Hal ini sangat penting. Agar tujuan tidak melenceng jauh dari apa yang direncanakan. Namanya traveling biasanya kita ingin mengunjungi tempat yang ternyata tidak ada dalam daftar.

Ilustrasi (pexels.com)


Beri kelongaran waktu pada rencana yang dipersiapkan, ini untuk mengakomodir kalau kamu ingin mengunjungi tempat baru yang tidak ada dalam agenda perjalanan. Jadi, diperlukan susunan rencana agar kamu bisa mengunjungi tempat baru namun tujuan utama juga tidak terlewatkan.


Membawa Katu Identitas (KTP)

Ada cerita unik kemarin. Admin kendeldolan.com melakukan perjalanan untuk Jalan-jalan sekalian membuka rekening di bank, Sangking antusiasnya, dia lupa kalau tidak membawa barang yang sangat penting, yaitu KTP. Alhasil, dia hanya pergi jalan-jalan dan tidak jadi membuat rekening lantaran tidak membawa kartu identitas.


Stasiun Klakah (kendeldolan.com)


Jadi sebelum pergi, pastikan kalau kartu Identitas kamu juga dibawa. Di jaman sekarang ini, travling juga sering dilakukan dengan perjalanan menggunakan transportasi umum. KPT ini sangat diperlukan saat kamu akan membeli tiket Kereta Api maupun Pesawat. Jadi cek kembali barang bawaanmu sebelum berangkat.


Perlengkapan Mandi

Dalam perjalanan keluarga, mungkin kamu sudah memesan hotel untuk menginap. Dan biasanya sebagian besar hotel sudah menyediakan perlengkapan mandi untuk para tamunya. Namun tidak ada salahnya kalau kamu juga perlu mempersiapkan peralatan untuk mandi. Ini perlu dbawa jikalau kamu harus mandi di kamar mandi umum yang ada di tempat wisata.

Kalau mimin, biasanya yang dibawa adalah sabun cair, pasta gigi kecil dan sikat gigi. Untuk peralatan mandi ini kamu tidak perlu khawatir karena banya sekali di toko offline maupun toko online dan marketplace yang menawarkan perlengkapan mandi yang cukup menarik dan praktis.


Buku Catatan

Buku Agenda adalah hal penting lainnya yang menurut mimin perlu dibawa. Ini bisa digunakan untuk mencatat moment penting maupun mencatat tempat yang kamu kunjungi

Buku Agenda bukan sesuatu hal yang kuno. Tidak jarang dari para traveler yang menggunakan buku untuk menyapa teman dan saudaranya lewat foto. Nah, mungin kamu juga bisa coba untuk menyapa saudara dan temanmu saat sudah sampai di tempat tujuan.


Perlengkapan Gadget

Di jaman milenial seperti sekarang ini, hampir semua orang membawa gawai saat bepergian. Tidak jarang dari mereka yang bahkan membawa lebih dai satu. Apa kamu termasuk salah satu dari mereka? Hehehe. Gawai memeng sudah menjadi barang utama yang selalu dibawa saat traveling. Maka dari itu, persiapkan juga perlengkapan gawai yang harus kamu bawa.

Perlengkapan ini bisa meliputi:
  • Powerbank
  • Travell Carger
  • Kamera
  • Flashdisk OTG


Ilustrasi (pexels.com)


Buat kamu yang gemar fotografi. Flashdisk OTG ini perlu kamu bawa saat traveling. Apa jadinya kalau kamu lagi asyik-asyiknya ber swafoto ternyata memori ponsel kamu penuh. Maka dari itu Flashdisk OTG ini diperlukan sebagai penunjang kegiatan taveling kamu.


Baju Ganti

Baju ganti mungkin sudah diluar kepala kamu, jadi mimin enggak akan bahas panjang lebar di bagian ini, Baju ganti yang mimin maksud  adalah pakaian dalam.Ini perlu kamu persiapkan karena kenyamanan saat  traveling adalah hal utama yang kau butuhkan. Jadi buat jaga jaga, bawalah skiranya cukup kamu gunakan selama traveling.


Kantong Plastik

Ini adalah hal sepele namun sering kali terabaikan. Buat apa sih kantong plastik? Bukan  buat jaga-jaga kalau mabok ya. Kantong plastik ini digunakan untuk membungkus baju kotor yang kamu pakai selama perjalanan wisata. Jadi traveling aman teman pun nyaman, hehehe

Selain simpel, kamu juga tidak perlu menggunakan kantong plastik dari luar karena kamu sudah mempersiapkan dari rumah. Tau nggak sih, para pelancong adalah salah satu penyumbang sampah terbesar. Jadi mari lebih bijak menggunakan kantong plastik.

Kalau mimin, saat membeli makanan lebih suka makan di tempat makannya ketimbang dibungkus, karena dari situ berarti mimin sudah mengurangi penggunaan kantong plastik. Oh ita, jangan lupa bawa botol minum sendiri ya, ini juga bisa kamu laakukan saat ingin membeli minuman. Kamu bisa menggunakan botol yang kamu miliki daripada harus menggunakan wadah plastik yang mereka gunakan. Memang sih mimin enggak selalu seperti itu, namun sedikit semi sedikit kita juga ikut andil dalam melestarikan bumi kita.


Do’a

Do’a mimin bahas belakangan ya. Nah kalau semua sudah kamu persiapkan, jangan lupa berdoa sebelum berangkat agar kamu dan orang-orang tang traveling bersamamu terhindar dari mara bahaya. Berdo’a menurut keyakinan masing-masing dan semoga dibei keselamatan sampai pulang kek rumah.

Bagaimana sobat, ada yang mau kamu tambahkan soal apa saja yang harus dibawa saat traveling?  Sudah siap untuk traveling? Semoga traveling kamu menyenangkan dan memberikan manfaat bagi sesama. Jangan lulpap tetap jaga kelestarian alam kita, karena kelestarian alam adalah aset berharga untuk anak cucu kita nanti.


2 komentar :

  1. Kantong plastik penting bgt buat dibawa, kalo aku biasa buat penampungan muntah saat mabok perjalanan

    BalasHapus
  2. Kantong plastik yang digunakan mungkin bisa diganti dengan tali rajut yang menyerupai kantong plastik. Agar kantong plastiknya tidak dibuang sembarangan setelah digunakan

    BalasHapus