MENU

Rabu, 13 November 2019

Wajah Baru Alun-alun Kota Pekalongan



Wajah BaruAlun-alun Kota Pekalongan - Siang tadi saya sempat mampir ke Alun-alun kota Pekalongan, yang kini sedang dilakukan penataan ulang. Saya jadi nggak sabar melihat penampakan Alun-alun Pekalongan 2019 ini, kalau pembangunan tersebut selesai dengan cepat.


alun-alun pekalongan alun-alun pekalongan kajen alun alun pekalongan malam hari alun alun pekalongan 2018 alun alun kota pekalongan kuliner alun alun pekalongan masjid alun alun pekalongan gambar alun alun pekalongan alun alun mataram pekalongan travel alun alun pekalongan alamat alun alun pekalongan mandiri alun alun pekalongan pendopo alun alun pekalongan pecel alun alun pekalongan alun alun kedungwuni pekalongan


Bagian mana sih yang sedang dibangun? Adalah bagian yang menghadap ke Matahari, akan dibangun gapura yang besar di sana sebagai ikon Aun-alun kota Pekalongan beserta fasilitas kamar mandi umumnya. Bocorannya dana pembangunan ini dianggarkan habis Rp2,5 miliar lho gaes! Tadi sih sempat ngintip sudah terbagun dengan megah dan besarnya.

Beberapa pedagang yang biasanya mangkal di depan sana, sudah bergeser ke lapangan sisi selatan dan utara. Tapi saya optomis jadinya akan cantik, tatanan kota Pekalongan akan semakin ciamik lagi dengan adanya gapura besar tersebut yang digadang-gadang akan menjadi tempat berswafoto bag masyarakat karena desainnya yang menarik.

Rabu, 06 November 2019

Sekoteng Pak Woh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan



Sekoteng PakWoh Pekalongan | Wisata Kuliner Khas Pekalongan - Yang ada dipikiran kita kalo menyebut kata 'Sekoteng' pasti minuman atau wedang khas Jawa yang terbuat dari air jahe dan dihidangkan hangat-hangat atau pas panas. Iya tidak? Ada campuran yang disandingkan di dalamnya seperti kacang tanah, pacar cina, roti tawar semacam wedang ronde gitu-gitu lah, benar? Asyiknya dinikmati pas sore atau malam hari, waktu cuaca mulai menunjukkan dingin, dan dijual berkeliling.

sekoteng pekalongan es sekoteng pekalongan resep es sekoteng pekalongan sekoteng pak wan pekalongan sekoteng pak woh pekalongan
Penampakan sekoteng Pak Woh


Di Pekalongan justru berbeda, sekoteng disajikan saat cuaca sudah mulai panas, pukul 09.00 naik lah dan isiannya bukan yang ada dalam bayangan saya atau anda hehehe ... Sekoteng khas Pekalongan, mempunyai isian yang berbeda, yakni perpaduan antara es sirup, roti tawar, regal atau roti marie dan miswa yang mirip mie biting itu, tapi erbuat dari tepung terigu. Awalnya dia tampak mengeras, lama kelamaan akan lembek (nyemek-nyemek) karena terkena es.


Asal-Usul Sekoteng Sebenarnya Dari Mana?

Rabu, 18 September 2019

Explore Museum Situs Semedo



Explore Museum Situs Semedo - Akhirnya serangkaian acara FestivalTanah Tua Semedo, selesai dilaksanakan dua hari. Saya menikmati perjalanan ini, apalagi ditemani dengan sahabat-sahabat sefrekuensi saya. Hunting foto, video dan mendapatkan pengalaman yang seru adalah hal yang paling ditunggu.


gunung semedo tegal kabar terbaru situs semedo asal usul desa semedo dalam bahasa jawa makalah tentang situs semedo jenis benda purbakala yang ditemukan di semedo latar belakang situs purbakala semedo


Selepas sarapan dengan Nasi Ponggol Purba Sambel Sege, kami melanjutkan acara untuk mengunjungi Museum Semedo sebagai destinasi terakhir yang kami explore di Semedo. Berjalan beriringan dengan peserta lain, dan penasaran apa yang akan terjadi di dalamnya. Sebelum masuk kami memanfaatkan, pepotoan di depan museum. Karena untuk masuk, ternyata peserta dibatasi sepuluh-sepuluh dahulu. Agar di dalam tidak penuh, dan mas Satpamnya mendampingi serta megarahkan. Saya mendapatkan kloter ke lima kalau nggak salah.

Setelah masuk saya menyaksikan langsung, fosil-fosil yang berhasil ditemukan oleh Mbah Dakri. Kalau ditanya fosil apa saja yang ada didalamnya adalah; gajah purba, kerbau,banteng, sapi, ada jenis rusa, badak, kuda nil, ikan hitu, penyu, buaya dan lain sebagainya. Didukung dengan etalase kaca, dan gambar-gambar di dinding yang luar biasa kerennya. Masyarakat Semedo saya yakin sangat bangga sekali, jika Semedo memiliki hasil kekayaan purbakala yang bisa membawa Semedo dikenal luas.

Ponggol Purba Sambal Sege Makahan Khas Desa Semedo



Ponggol Purba Sambal Sege Makahan Khas Desa Semedo - Hal yang paling saya nantikan akhirya tiba juga di Festival Tanah Tua Semedo, adalah menikmati sarapan Ponggol Purba Sambal Sege Makahan Khas Desa Semedo. Penasaran dari bentuknya seperti apa, isiannya apa saja lauknya semuanya tumpah ruah di kepala. Dari Bukit Pelangi selepas hunting foto, saya turun menuju dekat panggung. Karena perut sudah mulai bergejolak, menahan lapar hahaha ... Sengaja memang, nahan biar lapar dulu. Biar nanti makanannya habis. Soalnya saya sering bermasalah dalam menghabiskan makanan, kalau menunya nggak sesuai dengan lidah biasanya bakalan nggak habis hehehe ... emang nih kebiasan buruk belum ilang-ilang.


gunung semedo tegal kabar terbaru situs semedo asal usul desa semedo dalam bahasa jawa makalah tentang situs semedo jenis benda purbakala yang ditemukan di semedo latar belakang situs purbakala semedo


Jadi apa yang menarik dari Ponggol Purba Sambal Sege Makahan Khas Desa Semedo? Ini dia faktanya!

1. Ponggol Purba Sambal Sege dibungkus daun pisang

Makanan khas dari desa memang kebanyakan kalau nggak dibungkus dengan daun pisang, biasanya dibungkus dengan daun jati iya nggak? Meski di tengah hutan jati, Ponggol Purba Sambal Sege dibungkus menggunakan daun pisang.

Selasa, 17 September 2019

Sunrise di Bukit Pelangi Desa Semedo



Sunrise di Bukit Pelangi Desa Semedo - Festival Tanah TuaSemedo, memberikan banyak destinasi yang belum pernah saya jamah sebelumnya. Salah satunya adalah Bukit Pelangi. Untuk menuju ke sana saya butuh waktu lima menitan, dari Homestay. Acara yang diselenggarakan dua hari itu, berpusat di Bukit Pelangi. Panggung utama juga didirikan di sana, namanya bukit untuk mencapainya juga butuh mendaki ke atas, yang lumayan menguras tenaga hahaha ... karena dalam sehari itu kami naik ke Bukit Pelangi ada 4x bolak-balik.


gunung semedo tegal kabar terbaru situs semedo asal usul desa semedo dalam bahasa jawa makalah tentang situs semedo jenis benda purbakala yang ditemukan di semedo latar belakang situs purbakala semedo



Peserta harus sudah berkumpul di Bukit Pelangi pada pukul 05.00 WIB,  untuk mendapatkan sunrise yang cantik. Karena saya mendapat giliran terakhir mandi, akhirnya nggak dapet sunrise deh hehehe ... tapi teman lainnya juga kehilangan momen tersebut karena cuaca agak mendung. Matahari ternyata malu-malu menampakkan dirinya. Selain Bukit Pelangi, Bukit Sripit juga menjadi destinasi yang dikunjungi oleh para peserta. Saya cuman sampai bawahnya, nggak mendaki sampai atas, karena sibuk berpose di atas dedaunan jati yang sayang banget untuk dilewatkan jika tidak dijepret.

Senin, 16 September 2019

Pagelaran Kesenian Ronggeng di Desa Semedo


Pagelaran Kesenian Ronggeng di Desa Semedo - Ada yang sudah pernah melihat orang menari? Kurang lebihnya gambaran Ronggeng adalah seperti itu. Ronggeng merupakan jenis tarian, dari tanah Jawa dan Pasundan. Melihat pagelaran Ronggeng, membuat saya ingat yang sedang viral. Yakni KKN di Desa Penari, lantas kami berasa sedang KKN. Sahabat saya Ila bahkan bilang, "Kita KKN dua hari nih!" hahaha ... iya juga ya.


gunung semedo tegal kabar terbaru situs semedo asal usul desa semedo dalam bahasa jawa makalah tentang situs semedo jenis benda purbakala yang ditemukan di semedo latar belakang situs purbakala semedo


Ronggeng termasuk istilah yang sudah tidak asing lagi, apalagi Ronggeng juga pernah jadi judul novel karya Ahmad Tohari, 'Ronggeng Dukuh Paruk' dan juga menjadi judul film. Ronggeng kini bukan lagi sekadar hiburan untuk masyarakat setempat, tetapi juga sebagai pengantar upacara adat lho! Di daerah Sunda sendiri tari Ronggeng, justru menjadi tari yang digelar ketika sedang bercocok tanam.

Ada yang bilang tari Ronggeng itu diperagakan dengan sexy, padahal tidak selalu. Di Pagelaran Ronggeng desa Semedo, tidak begitu. Penarinya justru cenderung malu-malu. Tetapi ada juga yang bagian seru, dimana penari akan menarik penonton pria dengan selendang tarinya. Pak Lurah yang ditarik oleh penari Ronggeng, ternyata tidak mau dan masih malu-malu hahaha ... akhirnya yang ditarik masyarakat sekitar. Ada bapak sepuh yang juga ditarik untuk berjoget bareng Ronggeng, kami semua terhibur dan tertawa. Bahkan ada bapak Hansip yang juga ditarik, Pak Hansipnya juga menyawer kedua Ronggengnya. Seru!

Minggu, 15 September 2019

Explore Desa Semedo dan Berkenalan dengan Rumah Vernakular


Explore Desa Semedo dan Berkenalan dengan Rumah Vernakular - Kalau tidak ikut serta diacara Festival Tanah Tua Semedo, mungkin saya tidak tahu yang namanya istilah Rumah Vernakular hehehe ... Salah satu rundown acara yang akan kami ikuti hari pertama adalah, explore Desa Semedo dengan peninggalan sejarah rumah Vernakularnya. Kalau versi saya Vernakular, semacam rumah jaman dahulu kala yang dihuni oleh masyarakat Semedo. Tetapi kalau dari pencarian diinternet, Vernakular itu semacam arsitektur bentuk rumah yang dirancang berdasarkan kebutuhan penduduk setempatnya. Dari ketersediaan bahan bangunan, dan cerminan tradisi lokal tersebut danpa intervensi dari arsitek profesional. Keren kan?


gunung semedo tegal kabar terbaru situs semedo asal usul desa semedo dalam bahasa jawa makalah tentang situs semedo jenis benda purbakala yang ditemukan di semedo latar belakang situs purbakala semedo


Acara menyusuri rumah-rumah Vernakular, kami lakukan pada sore hari pukul !6.00 - 17.30 WIB. Kami diberikan panduan peta dengan simbol segitiga. Meski pada praktiknya simbol segitiga tersebut, membuat kami terus bertanya-tanya. Yang mana, hahaha ...! Akhirnya asal kelihatan tua dan beda aja, kami mengambil jepretan gambar. Sesuai dengan arahan panitia jika ada lomba foto, dengan smartphone yang membidik rumah vernakular tersebut.

Sabtu, 14 September 2019

Festival Tanah Tua Semedo


Festival Tanah Tua Semedo -  Pertama kali mengetahui ada infromasi soal Festival Tanah Tua Semedo, ada yang ngeshare di group WhatsApp tapi lupa siapa. Acaranya sendiri berlangsung dua hari, 14 – 15 September 2019 di Semedo, Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Kak Noorma dan Mbak Tanti ngajakin buat jalan bareng, apalagi Ila yang asalnya Tegal juga ikutan serta. Ditambah teman-teman lain yang pas ketemu di acara, Fam Trip Batang juga pada mau ikutan. Pastinya seru, bisa berkumpul lagi dengan sahabat-sahabat yang demen  traveling, dan mengenal sejarah budaya di Indonesia.


gunung semedo tegal kabar terbaru situs semedo asal usul desa semedo dalam bahasa jawa makalah tentang situs semedo jenis benda purbakala yang ditemukan di semedo latar belakang situs purbakala semedo


Fasilitas yang akan kami dapatkan, jika ikutan Festival Tanah Tua Semedo, adalah home stay di rumah warga, makan  malam dan  sarapan  pag i. Harga tiket masuk yang dipungut untuk acara ini juga terbilang hemat, Rp25.000,- dan kita sudah bisa menyaksikan semacam  parade budaya yang ditawarkan  oleh penggagasnya POKDARWIS desa Semedo. 

Rencana awal kita mau naik kereta rame-rame, kemudian berkumpul di Tegal  lantas sewa mobil. Tapi kak Noorma bilang, lebih dekat dari Pemalang kalau naik motor. Jadilah saya dan mas suami memutuskan, untuk mengendarai motor. Saya yang kurang tahu dengan lokasi mengikuti kak Noorma, dan ini kali pertama saya melewati jalan-jalan yang akan menuju ke Desa Semedo. Dimana setelah sampai, ternyata tidak terlalu jauh, kalau lewat jalan dalam Pemalang.


Bertabur Kegiatan yang Menyenangkan

Jumat, 30 Agustus 2019

Dari Stasiun Manggarai Menuju Stasiun Bogor


Dari Stasiun Manggarai Menuju Stasiun Bogor - Setelah menginap di rumah Doel semalaman, akhirnya pagi tiba dan kami harus menempuh perjalanan menuju bogor menggunakan KRL Commuter Line. Doel menyarankan kami untuk naik KRL dari Manggarai, untunglah dengan naik Grab aja kita bisa mencapai stasuin Manggarai (MRI) tanpa hambatan. Alhamdulillah saya juga janjian dengan Kang Aip, sahabat travel Bloggerku yang pernah satu event di Sueger Camp Jember.


 jadwal krl manggarai bogor misteri stasiun manggarai jadwal krl manggarai cikarang jadwal krl manggarai tanah abang stasiun manggarai baru rute krl alamat stasiun manggarai jalur stasiun manggarai


Stasiun Manggarai ternyata stasiun kereta api kelas besar tipe A lho, yang letaknya di Tebet, Jakarta Selatan. Yang masuk ke dalam Daerah Operasi 1 Jakarta dan termasuk stasiun kereta api terbesar di DKI Jakarta. Keren! Alhamdulillah kaki ini sudah menjejaknya, thanks to Allah.

Sejarah Stasiun Manggarai


Konon di  Stasiun Manggarai ada lahan kosong yang luas, tempat menaruh kereta api bekas kecelakaan lho! Tapi karena kemarin saya naik KRL ke Bogornya mendadak nggak sempat nemu deh lokasi tersebut hehehe ... Salah satu kereta api dengan tragedi paling parah adalah kecelakaan yang terjadi di Bintaro, dimana ratusan orang meninggal.

Kamis, 29 Agustus 2019

Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali



Pengalaman Naik Transjakarta Pertama Kali - Beberapa kali pergi ke Jakarta, tapi sekalipun belum pernah naik Transjakarta dan baru kali ini kesan pertama saya rasakan. Akhirnya memutuskan untuk menuliskannya, sayang di sia-siakan momen kehidupan yang pernah dirasakan, iya nggak? Karena om Pram bilang, setiap pengalaman tak lain daripada fondasi kehidupan.


cara naik transjakarta cara naik busway 2018 beli kartu busway di halte harga kartu busway 2018 cara naik transjakarta untuk pemula cara naik busway jika tidak punya kartu pengalaman naik transjakarta harga kartu busway 2019


Doel sahabat ngeblog saya, adalah orang yang kali pertama ngajakin naik Transjakarta. Perjalanan pertama kami mulai dari halte Senen, yang berakhir di Pulo Gadung. Rumah Doel lumayan deket dari terminal Pulo Gadung, karena kebetulan sebelum ke Bogor esok hari saya nebeng nginep di rumhanya. Thanks ya Doel, hemat duit deh hahaha ... nggak perlu nginep di hotel ya kan?

Cara Naik Transjakarta untuk Pemula

Minggu, 14 Juli 2019

Mlipir Bentar ke Monas Jakarta



Mlipir Bentar ke Monas Jakarta - Dulu saya nggak tahu Monas berada di Jakarta mana, sekarang setelah berjalan kaki dari Perpusnas menuju Monas ternyata Monas berada di Jakarta Pusat. Dekat dengan stasiun Gambir. Monas sendiri sudah dibangun dari 17 Agustus 1961, enam belas tahun setelah Indonesia merdeka.


sejarah singkat monas bagian bagian monas emas monas teknik pembuatan monas berat emas monas gambar monas jakarta gambar monas malam hari keistimewaan monas


Monumen Nasional, atau sering dikenal dengan Monas, merupakan monumen peringatan yang mempunyai tinggi 132 meter. Didirikan sebagai tanda rakyat Indonesia mengenang perlawanan dan perjuangan pahlawan Indonesia jaman dahulu ketika merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia - Belanda.


Jalan-jalan ke pelataran Monas

Sebenarnya saya kepengen masuk dan naik ke Monas, tetapi kereta kepulangan saya pukul 20.00 WIB jadi saya nggak berani berlama-lama. Mengingat sudah pukul 17.00 WIB dan saya belum sholat ashar, singgah sejenak pun tak mengapa ya kan?

Rabu, 03 Juli 2019

Mengunjungi Kebun Raya Bogor



Mengunjungi Kebun Raya Bogor - Jika ucapan adalah doa, maka berkata yang baik-baik saja, agar kembalinya kepada kita juga baik. Pernah berujar ingin pergi ke Bogor, oleh Allah kabulkan dengan cara yang berbeda. Memang awalnya saya mendapatkan kesempatan ini dikabarin oleh sahabat menulis; Delisa.

fasilitas kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor koleksi kebun raya bogor tiket masuk kebun raya bogor 2018 kebun raya bogor dari stasiun bogor makalah kebun raya bogor tanaman yang dilindungi di kebun raya bogor suasana kebun raya bogor



Tapi karena saya sudah tidak melajang lagi, meminta izin kepada yang terkasih adalah suatu keharusan. Alhamdulillah beliau mengizinkan saya untuk mengikuti acara WWA di Bogor. Selama 4 hari 3 malam, saya digembleng dengan ilmu dan materi yang alhamdulillah menambah pengetahuan saya soal dunia menulis. Setelahnya acara tersebut selesai, saya mendapatkan kesempatan jalan-jalan sebelum pulang bersama tiga sahabat lainnya. Eka, Delisa, dan Olip untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor.

Alhamdulillah perjalanan ke Kebun Raya Bogor sangat dimudahkan, ada Eka yang asli Bogor mengantar kami dengan suka rela hati. Duh ... bahagia banget rasanya jadi terharu. Semoga suatu saat bisa membalas kebaikan kak Eka, aamiin.

Senin, 01 Juli 2019

Tips Naik KRL | Jadi Begini Rasanya Naik Commuter Line



Tips Naik KRL | Jadi Begini Rasanya Naik Commuter Line - Mungkin kalau nggak ada undangan Workshop Writerpreneur Accelerate di Bogor, saya belum memiliki kesempatan naik KRL. Cuma bisa melihat dari berita yang ditayangkan di televisi saja. Alhamdulillah dapet kesempatan yang berkah banget, sekalian dapat ilmu dan konten untuk blog nih. Nikmat banget rezeki dari Allah.


tips naik krl jam penuh kereta cara naik krl dari bekasi ke bogor cara naik krl dari bekasi ke tanah abang cara ke tanah abang naik krl cara naik krl dari bekasi ke kota tua cara naik krl dari cikarang ke tanah abang


Memiliki teman seperjalanan memang menyenangkan, kita bisa berbagi banyak hal. Kebetulan teman seperjalananku bernama, Triana Dewi. Saya biasa memanggilnya Bun, beliau udah pengalaman ke Bogor jadilah aku ngikut aja dan ternyata bayar KRL itu nggak butuh uang cash hahaha ... ndeso banget ya. Maapin ya #nyengir.

Yang digunakan untuk membayar pas kita naik KRL itu memakai e-money atau kita bisa beli kartu Commuter Line. Tinggal ditempel aja di pintu masuknya, kelar deh. Pas keburu-buru enak banget kalau kayak gini, jadi ingat jaman kerja di Hongkong. Beginian nih, kalau kemana-mana nggak perlu cash tapi makenya kartu aja. Tinggal isi ulang doang.



Bayar KRL Commuter Line ternyata murah banget

Kamis, 20 Juni 2019

Pusat Jajanan Tradisional Minggon Jatinan di Batang



Pusat Jajanan Tradisional Minggon Jatinan di Batang - Hari minggu enaknya ngapain kalau liburan begini? Jalan-jalan, cari makanan enak bareng keluarga tentunya ya kan? Jika kalian tinggal di seputaran Batang, ada tempat asyik yang bisa dikunjungi, 'Minggon Jatinan'.


alamat minggon jatinan lokasi minggon jatinan wisata minggon jatinan batang alamat minggon jatinan batang hutan kota rajawali batang


Semenjak diresmikan oleh bapak Bupati Batang, Wihaji. Pasar Minggon Jatinan menjadi destinasi yang layak dikunjungi jika libur tiba, karena bukanya hanya di hari minggu. Kabar baiknya Minggon Jatinan menambah semarak roba perekonomian di Batang. Minggon Jatinan termasuk salah satu program, yang mendukung Visit to Batang 2022 dimana back to nature.

Minggon Jatinan sendiri memiliki arti, minggon adalah hari Minggu dalam bahasa Jawa. Jatinan adalah hutan jati, karena berdirinya pasar Minggon Jatinan ini berada di Hutan Kota Rajawali, dimana menjadi salah satu tempat sejuk yang berada di wilayah kota dekat Pantura. Jadi jika kalian pas lewat, Minggon Jatinan langsung bisa dikenali. 



Ada apa saja di Minggon Jatinan Batang?

Minggu, 16 Juni 2019

Nikmatnya Sate Kere Mbah Yem di Solo



Nikmatnya Sate Kere Mbah Yem di Solo - Tawaran menggiurkan datang dari sahabat saya, Dikoko yang mengajak saya dan patner untuk pergi ke Kota Surakarta menghadiri undangan malam 1 Suro di Keraton pada tahun 2018. Pas ngengokin isi ATM untunglah ada rejeki lebih, yang bisa dibuat traveling ke Solo.

sate kere sate kere di jakarta sate kere jogja sate kere jakarta sate kere adalah sate kere di bandung sate kere beringharjo sate kere godean sate kere mbak tug sate kere tempe sate kere solo yu ngatmi sate kere mbah mardi sate kere presiden sate kere resep sate kere solo resep sate kere jogja godean sate kere semarang sate kere di solo sate kere jogja adalah sate kere diah didi sate kere terdekat sate kere apa sate ayam kere sate kere solo alamat sate kere maknyus alkid kota surakarta jawa tengah alamat sate kere yu ngatmi alamat sate kere di solo alamat sate kere jogja alamat sate kere yu rebi arti sate kere aneka sate kere



Pemesanan hotel pun sudah jauh-jauh hari, beberapa minggu sebelum acara tersebut diadakan, "Biar bisa satu hotel tempat menginapnya," pesan Dikoko yang lantas saya iyakan dan langsung pesan diaplikasi yang disarankan. Kami menginap hanya satu malam, dan puas dengan tempatnya yang bersih dan rapi.


Berburu sate kere di Surakarta



Hari kedua setelah selesai acara, kami cek out tepat jam 12.00 WIB. Saya beserta rombongan berenam, mencari kuliner khas Solo dipandu dengan arahan Dikoko yang sudah hapal banget dengan jalan.

Dikoko mengajak kami mengenal lebih dekat kuliner khas Solo, yakni sate kere. Dalam pikiran saya itu sate kere itu, sate yang harganya murah banget. Pas ketemu sama tempatnya, yang agak masuk gang. Sate kere mbah Yem namanya, terjawab sudah rasa penasaran saya.

Rabu, 12 Juni 2019

Tradisi Lopis Raksasa Setiap Syawalan di Pekalongan



Tradisi Lopis Raksasa Setiap Syawalan di Pekalongan - Tradisi Syawalan yang setiap tahun tiba, seminggu setelah selesai lebaran selalu mengundang kekaguman di Kota Pekalongan. Selain ada tradisi Festival Balon Pekalongan, ada juga tradisi pemotongan lopis raksasa di Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara.


lopis raksasa lopis raksasa pekalongan 2018 lopis raksasa krapyak sejarah lopis raksasa pekalongan membuat lopis raksasa berita lopis raksasa lopis raksasa di pekalongan



Lopis atau lopes, adalah makanan yang menggunakan bahan utamanya beras ketan. Setelah jadi barulah disandingkan dengan kelapa parut dan gula merah yang baisa dikenal dengan kinco.

Lopis merupakan makanan tradisional, yang ada di daerah Jawa. Ada yang bentuknya seperti lontong atau pocong, ada yang bentuknya juga segitiga. Tetapi di Pekalongan lopis dibentuk dengan memanjang, dibungkusnya dengan daun pisang.


Sejarah tradisi lopis Syawalan di Krapyak Pekalongan



Syawalan saya kenal dahulu di Kaliwungu, seminggu setelah lebaran. Agendanya biasanya melakukan wisata religi, ke makam-makam imam atau sunan yang telah menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Tetapi di Pekalongan Syawalan berbeda, ada tradisi yang namanya lopis Syawalan di daerah Krapyak Lor dan Krapyak Kidul, Kecamatan Pekalongan Utara.

Festival Balon Pekalongan Banjir Penonton



Festival Balon Pekalongan Banjir Penonton - Liburan lebaran masih berlangsung, di Pekalongan sendiri tidak hanya ramai lebaran Idul Fitri tetapi juga lebaran syawal. Di tengah kemeriahan saling silaturahmi lebaran syawal, diramaikan juga dengan adanya festival balon udara di stadion Hoegeng, Kota Pekalongan Jawa Tengah.

festival balon festival balon pekalongan festival balon udara festival balon ponorogo festival balon wonosobo festival balon wonosobo 2019 festival balon karawang festival balon ponorogo 2019 festival balon udara karawang festival balon udara wonosobo 2019 festival balon tasikmalaya festival balon udara di dunia festival balon udara wonosobo 2018 festival balon di mal ciputra surabaya festival balon dadaha festival balon surabaya festival balon di mall ciputra festival balon udara wonosobo festival balon udara turki festival balon wonosobo 2018 festival balon di mal ciputra festival balon aer cald festival balon udara albuquerque festival balon udara adalah festival balon cu aer cald



Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya di Pekalongan, jika lebaran Syawal selalu ada penerbangan balon udara dan pemotongan lopis raksasa. Kebetulan admin kendeldolan.com sengaja bertandang ke Pekalongan untuk menyaksikan secara langsung.


Banjir penonton di festival balon pekalongan


Banjir penonton tidak hanya di dalam stadion Hoegeng, pintu masuk pun sudah dikawal ketat oleh bapak Polisi. Dimana kita boleh parkir dan tidak boleh parkir, alhamdulillah admin menitipkan di kelurahan terdekat, dan langsung menuju lokasi berjalan kurang lebih 5 menitan.

Sabtu, 04 Mei 2019

Tips Traveling Ramah Lingkungan


Traveling maupun liburan merupakan hal yang menyenangkan saat kita bisa menikmati setiap moment yang dilalui dan mendapatlan kenangan yang berkesan dari perjalanan tersebut. Biasanya apa saja sih yang kamu butuhkan untuk dibawa saat traveling. Team kendeldolan.com akan merangkumkan beberapa barang dan peralatan yang perlu kamu bawa sebelum pergi berlibur aupun traveling.

dieng (kendeldolan.com)


Traveling bisa kemana saja. Ada yang berburu kuliner baru, wisata belanja, liburan ke pantai, perjalanan ke luar kota maupun hanya sekedar melepas penat ke tempat indah yang hannya kamu dan pasangan yang tau ada kenangan indah apa disana. Mimin akan bagikan beberapa tips yang berguna buat kamu saat traveling. Apa saja sih?